Categories: BANJAR

Kepala BPBD Banjar Bantah Menumpuk Bantuan di Kantornya

MARTAPURA,infobanua.co.id – Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Banjar, HM Irwan Kumar, langsung mengklarifikasi sejumlah tudingan puluhan relawan yang datang ke kantornya pada Kamis (21/1/2021) siang kemarin.

 

“Seperti telur yang ada di gudang, telur itu baru datang. Setelah kita selesai menyalurkan, kita pun langsung memesan lagi. Cuma datangnya tidak sekaligus. Terlebih, ketersediaan telur di pasaran stoknya juga sangat terbatas,” ujarnya kepada sejumlah wartawan di ruang Command Center Barokah, Martapura, Kamis (21/1/2021) malam sekitar pukul 21.42 Wita.

 

Irwan Kumar yang ketika puluhan relawan datang ke kantornya justru sedang berada di luar mendampingi Menteri PMK Muhadjir Effendie ke Kecamatan Sungai Tabuk, juga memberikan klarifikasi mengenai bantuan bencana banjir yang dituding tak jelas ke mana disalurkan.

 

“Penyaluran yang dilakukan sudah sesuai hasil rapat dengan Bupati Kabupaten Banjar. Bahwa bantuan yang dikeluarkan BPBD akan disalurkan ke setiap kecamatan dan dapur umum, seperti di Stadion Demang Lehman Martapura. Jadi, kami tidak menumpuk bantuan, karena bantuan kita salurkan secara bertahap. Jika ada permintaan dari kecamatan langsung kita kirim,” kilahnya.

 

Irwan Kumar menegaskan, pihaknya tidak berupaya untuk menahan atau menimbun bantuan yang ada di BPBD Kabupaten Banjar, dan semuanya pasti akan disalurkan.

 

“Jadi, masyarakat mesti tahu, bahwa kami tidak ada niat atau upaya untuk menimbun logistik. Semuanya kita salurkan. Tim kita pun selalu bekerja setiap hari dalam melayani masyarakat yang terdampak banjir,” ucapnya.

 

Irwan Kumar mengakui, memang di akhir 2020 lalu anggaran sudah habis. Namun, stok masih ada, sehingga pihaknya tetap bisa melayani masyarakat terdampak banjir dengan stok logistik yang ada.

“Anggaran telah habis, kami melakukan pengadaan logistik dengan dana tanggap darurat dan PSBB,” ujarnya.

 

Begitu pun terkait sejumlah peralatan dapur umum, dan perahu yang nampak tak terpakai saat situasi tanggap darurat bencana banjir ini. “Bahkan, perahu malah ada yang dipinjamkan sampai tiga minggu lebih, dipinjamkan pada beberapa tempat,” katanya.

 

Di tempat yang sama, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Banjar, Mokhammad Hilman, menambahkan, bahwa bantuan logistik yang didistribusikan ke kecamatan diarahkan ke dapur umum dan posko sesuai kebijakan camat masing-masing.

“Camat bisa membijaksanai bantuan logistik sesuai keperluan wilayahnya,” pungkasnya.

 

Fad/IB

 

admin

Recent Posts

Camat Baamang Pantau Langsung Pembersihan Sungai Baamang

Sampit, infobanua.co.id – Bukan dikecamatan MB Ketapang Kabupaten Kotawaringin Timur, Sampit saja dilanda banjir dengan…

5 jam ago

Pembangunan RMP Diharap Mampu Maksimalkan Serap Hasil Panen

Sampit, infobanua.co.id - Wakil Bupati Kotawaringin Timur (Kotim), Irawati berharap pembangunan rice milling plant (RMP)…

5 jam ago

Indosat Ooredoo Hutchison dan Mastercard Umumkan Kemitraan Cybersecurity Center of Excellence

Mengupayakan perlindungan serta peningkatan kepercayaan dalam ekonomi digital Indonesia   Jakarta, 18 April 2024 —…

5 jam ago

Dinas Ketahanan Pangan PPU Catat Tahun Ini Satu Desa Dikategorikan Rawan Pangan

PENAJAM, infobanua.co.id - Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), mencatat 2023 sebanyak 20…

6 jam ago

Penting nya Disiplin Kerja dan Sinergi Antar Pegawai, Inlah yang Dikatakan Kakan BPN Depok

Depok, infobanua.co.id - Halal Bihalal bukan sebatas ruang silaturahmi di tengah suasana lebaran Idul Fitri,…

6 jam ago

Deretan Artis Ibukota Meriahkan Pesta Laut Kota Pagatan Simak Persiapannya

BATULICIN, infobanua.co.id – Deretan artis ibukota Jakarta bakal meramaikan Event pesta Mappanreritasie tahun 2024 di Pagatan…

7 jam ago