Pemko Banjarbaru Terima Bantuan Menko PMK Rp 500 Juta untuk Korban Banjir

  • Whatsapp

BANJARBARU-Kedatangan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Republik Indonesia, Muhajir Effendi ke Banua disambut langsung Wali Kota Banjarbaru H Darmawan Jaya Setiawan di VIP Bandara Syamsudin Noor Banjarbaru, Kamis (21/1/2020) pagi.

Dalam kunjungannya itu Tampak hadir juga dalam penyambutan Pj Sekda Prov Kalsel, Wali Kota Banjarmasin, FKPD Kota Banjarbaru dan undangan lainnya.

Menko PMK usai menyerahkan bantuan Dana Siap Pakai menyampaikan bahwa setiap bencana itu pertama-tama yang harus diurus adalah nasib korban, baik korban yang meninggal dunia maupun korban yang hidup juga harus diselamatkan dan dirawat dulu.

“Hal itu sudah dilakukan disini dan ditampung ditempat-tempat yang menurut saya cukup bersimpatik kalau kita liat disini tadi,” kata dia.

Kemudian yang kedua kalau itu sudah selesai, untuk mengatasi tindakan sementaranya. “Alhamdulillah disini telah berupaya dengan baik. Kita berharap debit air segera surut dengan harapan jangan sampai ada hujan susulan yang berintensitas tinggi,” sebut dia.

Nanti setelah itu kalau beres kemudian mulai tahapan rekonstruksi dengan pembenahan infrastruktur yang diusahakan oleh banyak pihak termasuk rumah-rumah yang rusak. “Nanti akan bisa kita lihat apakah ada pemukiman atau relokasi atau yang ada itu ditingkatkan kapasitasnya sehingga nanti kalo ada banjir seperti ini bisa teratasi,” tambah dia.

Wali Kota Banjarbaru H Darmawan Jaya Setiawan menyampaikan bahwa kita hari ini kedatangan Menko PMK Muhajir Effendi. Beliau rencananya akan mengunjungi beberapa daerah yang terdampak banjir di Kalsel.

“Beliau mengunjungi Banjarbaru ke BBPPKS (Balai Besar Pendidikan dan Pelatihan Kesejahteran Sosial) Regional IV Kalimantan, kemudian beliau ke Kabupaten Banjar untuk meninjau lokasi pengungsian dan kemudianakan ke Banjarmasin,” kata Darmawan Jaya.

Tadi kegiatan Menko PMK di BBPPKS Regional 4 Kalimantan, Kota Banjarbaru salah satu Kabupaten/Kota yang mendapatkan bantuan dari pemerintah pusat berupa uang Rp 500 juta Dana Siap Pakai (DSP) untuk penanganan banjir dan korban banjir di Kota Banjarbaru.

“Kami berterima kasih atas perhatian pak Mentri dari Pemerintah Pusat untuk meringankan kesusahan warga-warga yang terdampak banjir khususnya juga bagi yang berada di tempat tempat pengungsian,” tambah Darmawan Jaya.

Dana yang diterima akan digunakan untuk penanganan banjir,bantuan kepada warga terdampak banjir, operasional posko-posko, dapur umum dan hal lainnya dengan tujuan membantu meringankan kesusahan yang dialami oleh warga yang terdampak banjir.

Usai  menerima bantuan Dana Siap Pakai (DSP) untuk korban terdampak banjir sebesar Rp 500 Juta Rupiah dari Kemenko PMK, H Darmawan Jaya Setiawan langsung melakukan peninjauan di beberapa lokasi tempat pengunsi yang terdampak banjir.

bpos/rel

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *