KPU Kabupaten Blitar, Tetapkan Pemenang Pilihan Bupati Blitar 2020

  • Whatsapp
Pasangan Mak Rini-Rahmat, menyampaikan sambutan setelah ditetapkan sebagai pasangan terpilih, Sabtu 23-01-2021.

Blitar, Infobanua.co.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Blitar, menggelar rapat Pleno Terbuka, dengan agenda menetapkan pasangan Rini Syarif-Rahmat Santoso (Mak Rini-Rahmat) sebagai pasangan calon (paslon) terpilih pemilihan Bupati dan Wakil Bupati (Pilbub) Blitar tahun 2020, Sabtu 23-01-2021.

Ketua KPU Kabupaten Blitar, Hadi Santosa, mengatakan bahwa, penetapan pemenang paslon Bupati dan Wakil Bupati tersebut didasari oleh tidak adanya gugatan perselisihan hasil Pilkada Serentak 2020 Blitar di Mahkamah Konstitusi (MK) Republik Indonesia.

“Setelah surat resmi dari KPU Pusat turun, kami memiliki kewajiban untuk segera menindaklanjuti, sebab paling lama lima hari untuk segera menetapkan calon terpilih,” kata Ketua KPU Kabupaten Blitar, Hadi Santosa, dalam sambutannya.

Menurut Hadi, bahwa rapat Pleno terbuka ini sesuai dengan Peraturan KPU nomor 05 tahun 2020 tentang tahapan, program, dan jadual penyelenggaraan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati serta Walikota dan Wakil Walikota.

“Kami berterimakasih kepada semua pihak yang telah mensukseskan pelaksanaan Pilbup Blitar tahun 2020. Dan pada tahun ini tingkat partisipasi di masyarakat pada Pemilu naik sebesar 11 porsen,” jlentrehnya.

Selanjutnya Hadi menerangkan bahwa, Rapat Pleno Terbuka Penetapan Pasangan Calon Terpilih Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Blitar tahun 2020 ini digelar dengan protokol kesehatan yang ketat.

Perwakilan masing-masing pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati serta Forkompinda menjadi tamu undangan pada kegiatan ini.

“Pasangan Rini Syarifah-Rahmat Santoso berhasil mengungguli paslon petahana dalam Pilbup Blitar 2020,” ungkap Hadi.

Selanjutnya Hadi menerangkan, berdasarkan hasil rekapitulasi penghitungan suara Pemilihan Bupati tingkat Kabupaten oleh KPU Kabupaten Blitar, paslon Mak Rini-Rahmat berhasil mendulang suara sebanyak 365.365 suara atau 58,84 porsen.

“Sedangkan, paslon No urut 01 Rijanto-Marhaenis yang merupakan petahana hanya berhasil mengumpulkan 255.604 suara atau 41,16 porsen pada Pilbup Blitar 2020 kemarin,” pungkasnya. (Eko.B) 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *