KPU Kota Blitar Menetapkan Pasangan Santoso-Tjujuk Sunario Sebagai Pemenang Pilkada Serentak Kota Blitar 2020

  • Whatsapp
Suasana penetapan Pasangan Santoso-Tjujuk Sunario sebagai pemenang Pilkada Serentak Kota Blitar 2020 di Gedung Kesenian, Kota Blitar, Sabtu 23-01-2021.

Blitar, Infobanua.co.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Blitar melaksanakan Rapat Pleno Terbuka Penetapan Pasangan Calon Terpilih Wali Kota dan Wakilwali Kota Blitar 2020, bertempat di Gedung Kesenian, jalan Kenari, Kota Blitar, dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat, Sabtu 23-01-2021.

Ketua KPU Kota Blitar Choirul Umam, mengatakan bahwa, rapat pleno ini menetapkan pasangan nomor urut 02, Santoso-Tjujuk Sunario sebagai pemenang Pilkada Serentak Kota Blitar 2020. Mereka unggul dari lawannya pasangan nomor urut 01 Henry Pradipta Anwar-Yasin Hermanto.

“Rapat Pleno ini adalah tahapan paling akhir dari gelaran Pilkada Kota Blitar 2020. Kami patut bersyukur karena selama pelaksanaan Pilkada sampai hari ini dapat berjalan lancar,” kata Ketua KPU Kota Blitar Choirul Umam.

Menurut Umam, bahwa hasil akhir dari Pemilihan Wali Kota dan Wakilwalikota Blitar, paslon petahana Santoso-Tjujuk meraih 50.258 suara atau 57,4 porsen. Sedang lawannya paslon nomor urut 01, Henry-Yasin mendapatkan 37.362 suara atau 42,6 porsen.

“Setelah rapat pleno ini kami akan menyampaikan Surat Keputusan KPU Kota Blitar kepada Pimpinan DPRD Kota Blitar. Yang selanjutnya Dewan akan menindaklanjutinya dengan sidang Paripurna dan dikirimkan ke Pemerintah Provinsi Jawa Timur,” jlentrehnya.

Ditemui usai menghadiri Rapat Pleno yang digelar KPU, Santoso merupakan Wali Kota Blitar terpilih mengatakan bahwa, masih ada proses yang harus dilalui hingga dirinya dan Tjujuk Sunario menjabat sebagai Wali Kota dan Wakilwalikota Blitar. Yaitu pemberkasan di tingkat DPRD Kota Blitar dan Pemerintah Provinsi Jawa Timur.

“Tidak lupa, kami mengucapkan terimakasih kepada warga masyarakat Kota Blitar yang telah menyalurkan hak pillihnya, sehingga Pilkada di Kota Blitar berjalan lancar dan aman,” kata Santoso.

Menurut Santoso, bahwa kemenangan ini merupakan kemenangan kita bersama.

“Kemenangan rakyat Kota Blitar,” tegasnya.

Untuk diketahui bahwa, pemilihan Wali Kota dan Wakilwalikota Blitar 2020 diikuti dua pasangan calon. Pasangan calon nomor 01 Henry Pradipta Anwar-Yasin Hermanto dengan petahaha pasangan calon nomor urut 02 Santoso-Tjutjuk Sunario.

Pasangan Henry-Yasin diusung koalisi dari PKB, Partai Golkar, dan PKS. Sedangkan pasangan Santoso-Tjutjuk diusung koalisi PDIP, Partai Gerindra, PPP, Partai Demokrat, dan Partai Hanura. (Eko.B) 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *