YBI Brebes Galang Dana Untuk Korban Bencana Tanah Bergerak di Desa Manggis

  • Whatsapp

BREBES, infobanua.co.id – Dalam Rangka Bakti Sosial, Kepedulian sesama terus digelar Yayasan Buser Indonesia (YBI) Kabupaten Brebes, dengan melakukan kegiatan penggalangan dana bantuan bagi korban bencana tanah bergerak di Dukuh Sambung Regel, Desa Manggis, Kecamatan Sirampog, Kabupaten Brebes.

“Bencana alam berupa tanah gerak di Dukuh Sambungregel, Desa Manggis Kecamatan Sirampog mendorong aktivis Brebes untuk melakukan penggalangan dana, guna membantu para korban bencana,” kata Ketua YBI DPC Kabupaten Brebes, Oping Maryono saat dihubungi, Jumat (22/1/2021).

Oping menambahkan, pemberian bantuan ini, diawali dengan meninjau lokasi bencana dan mengumpulkan informasi dari perangkat setempat. Berbekal informasi tersebut, selama tiga hari aktivis YBI bergerak cepat menggalang donasi.

Oping mengemukakan, pihaknya bergerak murni karena solidaritas membantu sesama tanpa tendensi apapun karena ini sifatnya sosial yang urgen bagi warga yang membutuhkan uluran tangan.

“Kami juga bekerja sama dengan para donatur baik itu instansi pemerintah maupun swasta,” terangnya.

Oping menjelaskan, berikut nama-nama donatur yang masuk melalui lembaga Aktivis YBI Brebes wilayah selatan antara lain, Kabid Dinas Pengairan Brebes Mulyadi, Tim Sodakoh Sehari Seribu (S3) Kepala UPTD Bumiayu Andi Aziz, Kepala Desa Kalijurang Yanto, Yen Diana admin #SahabatAksi, Herman Effendi wiraswasta DesaTaraban, Kepala Desa Taraban Uma Farida, Tokoh masyarakat KecamatanPaguyangan Mujib, Kontraktor Kecamatan Paguyangan Ubaidillah, Dishub Terminal Bumiayu Bambang Sulistiyono, Dankoti PP Pagojengan Dedi, Toko Salsa Mandiri DesaTaraban. Apotik Sidowaras H. Rizki serta donasi mandiri dari beberapa anggota YBI.

“Donasi yang terkumpul kami salurkan dalam bentuk paket sembako yang isinya berupa beras, mie instan, susu kaleng, minyak, gula, biskuit, vitamin dan selimut,” paparnya.

Menurut Oping, 30 paket sembako dari aktivis YBI Brebes dan 30 paket dari aktivis YBI Brebes selatan berhasil disalurkan kepada 26 kepala keluarga korban bencana tanah bergerak.

Selain itu, lanjutnya, bantuan juga diberikan kepada para petugas dan relawan yang bersiaga di posko bencana. Penyerahan bantuan disaksikan oleh Kepala Desa Manggis berupa paket sembako dan diserahkan langsung kepada para korban dan relawan.

Oping Maryono yang di dampingi Yasir Andi yang juga Aktivis YBI Brebes selatan menambahkan, pihaknya mengucapkan terima kasih kepada para donatur yang telah menyalurkan donasinya melalui Yayasan Buser Indonesia (YBI) dan semua pihak yang terlibat yang telah membantu kelancaran penyaluran donasi tersebut.

Sementara itu, Kepala Desa Manggis, Masruri ketika dikonfirmasi mengatakan, dirinya mewakili warga mengucapkan terima kasih dan mengapresiasi bantuan yang diberikan oleh YBI Brebes. Diharapkan bantuan tersebut dapat meringankan beban korban yang terdampak bencana di desanya.

“Ke depan atas arahan Bupati Brebes, jika masyarakat berkenan maka akan direlokasi di beberapa desa di mana terdapat tanah inventaris Pemkab yang lokasi masih masuk dalam wilayah kecamatan yang sama atau bagi yang punya tanah sendiri pembangunannya akan disubsidi oleh Pemkab Brebes,” pungkas Masruri. (HS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *