Kios Sisi Utara Stadion Soeprijadi Kota Blitar Siap Digunakan Bagi PKL

  • Whatsapp
Kios Stadion Soeprijadi Kota Blitar sisi utara.

Blitar, Infobanua.co.id – Pemerintah Kota (Pemkot) Blitar, saat ini sedang menginventarisir Pedagang Kaki Lima (PKL) karena segera memfungsikan kios di sisi utara Stadion Soeprijadi, yang lama tidak berpenghuni.

Wali Kota Blitar, Santoso, mengatakan bahwa, pihaknya sudah meminta kepada Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dispora) agar berkoordinasi dengan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperdagin), terkait rencana pemanfaatan kios sisi utara Stadion Soeprijadi tersebut.

“Dispora sebagai pengelola Stadion akan menyiapkan sarana dan prasarana, dan Disperdagin sebagai pembina PKL akan menyiapkan data para pedagangnya,” kata Wali Kota Blitar, Santoso, Minggu 24-01-2021.

Menurut Santoso, bahwa pihaknya telah menginstruksikan untuk menginventarisir data pedagang yang akan ditempatkan di kios sisi utara stadion. Kalau datanya sudah rampung, dapat langsung menempati kios sisi utara tersebut.

“Selain itu Pemkot. Blitar juga akan mengevaluasi pemanfaatan kios sisi selatan Stadion Soeprijadi, karena kios sisi selatan sudah difungsikan untuk merelokasi PKL di sebelah timur Aloon-Aloon pada tahun 2020 yang lalu,” jlentrehnya.

Masih menurut Santoso bahwa, pihaknya mendapat informasi banyak kios sisi selatan yang dibiarkan tutup tidak dimanfaatkan oleh pemiliknya.

“Kami akan evaluasi, mereka sudah kami beri kesempatan untuk menempati kios sisi selatan, tapi tidak dimanfaatkan. Sehingga jangan salahkan kami, bila kiosnya kami alihkan ke pedagang lain yang membutuhkannya,” tegasnya.

Selanjutnya Santoso menjelaskan bahwa, pembangunan kios sisi utara dan sisi selatan Stadion Soeprijadi, memang digunakan untuk penataan PKL di Kota Blitar.

Untuk itu, pihaknya meminta agar pedagang yang sudah mendapatkan kios untuk berjualan dan memanfaatkannya dengan maksimal.

“Tujuan pembangunan kios stadion untuk menata PKL di Kota Blitar, supaya terlihat bagus. Kalau sudah dapat kios, harus dimanfaatkan untuk jualan,” pungkasnya.

Sementara Kepala Dispora Kota Blitar, Juari, mengatakan bahwa, sarana prasarana di kios sisi utara Stadion Soeprijadi sudah lengkap. Karena sudah dipasang jaringan listrik dan air, sehingga kios sisi utara Stadion Sieprijadi siap dioperasikan.

“Saat ini kami masih koordinasi dengan Disperdagin, terkait data PKL yang akan menempati kios sisi utara itu,” ungkap Juari.

Lebih dalam Juari menerangkan bagwa pihaknya belum tahu PKL mana yang akan menempati kios sisi utara Stadion Soeprijadi tersebut.

“Sebenarnya kami prioritaskan bagi pedagang yang belum punya tempat. Dan Kios sisi utara jumlahnya cuma 25 unit,” pungkasnya.

Untuk diketahui bahwa, Pemkot Blitar telah membangun tribun penonton Stadion Soeprijadi sisi selatan pada tahun 2017.

Bangunan tribun penonton dilengkapi dengan sejumlah kios. Alokasi anggaran pembangunan tribun penonton sisi selatan sebesar Rp.2 Miliar.

Kemudian tahun 2018, Pemkot Blitar membangun tribun penonton Stadion Soeprijadi sisi utara, pembangunan tribun penonton sisi utara juga dilengkapi bangunan kios yang menelan anggaran sebesar Rp.2,4 Miliar. (Eko.B) 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *