Desa Pagerwojo di Tulungagung Salurkan BLT DD  Tahap Perdana

Kepala Desa Pagerwojo, Adi Setyono (dua dari kanan) saat menyalurkan BLT DD, Selasa (26/1)

Tulunganggung, infobanua.co.id – Pemerintah Desa (Pemdes) Pagerwojo, Kecamatan Pagerwojo, Kabupaten Tulungagung menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa (DD) tahun anggaran 2021.

Hal itu disampaikan Kepala desa Pagerwojo, Adi Setyono disela kegiatan penyaluran BLT dana desa periode perdana di bulan Januari kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) selama satu tahun kedepan mulai bulan Januari hingga bulan Desember mendatang dengan nominal Rp.300 ribu per orang.

“Total ada 25 orang penerima BLT dana desa periode perdana di bulan Januari di desa Pagerwojo ,” kata  Adi Setyono di balai desa setempat, Selasa (26/1/2021).

Lanjut Adi , “Mulai bulan Januari ini BLT DD sudah disalurkan kepada yang berhak, Karena angka kemiskinan sejatinya sangat dinamis. bisa berubah setiap saat,” katanya

Adi Setyono berharap, bantuan BLT DD ini dapat meringankan beban ekonomi keluarga penerima manfaat disaat kondisi ekonomi yang lagi terpuruk karena wabah pandemi COVID-19.

Selain itu, Ia juga meminta warga tetap menjaga kesehatannya dengan membentengi diri dari Covid-19 dengan menerapkan pola hidup 3M yaitu menggunakan masker, mencuci Tangan dan menjaga jarak.

“Untuk itu, tanamkan kesadaran masing-masing pola hidup 3M agar kita dapat terhindar dari virus Corona,” tutup

Terpisah, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) kabupaten Tulungagung, Eko Asistono memastikan seluruh penyaluran BLT DD untuk periode perdana di bulan Januari ini akan tuntas sebelum masuk bulan Februari.

“Teknis pelaksanaannya , dibagikan langsung oleh kepala desa ke masing-masing keluarga penerima manfaat ,” kata Eko

Dana desa tahun 2021 disalurkan dalam tiga tahap.Tahap pertama masing-masing 40 persen, untuk tahap ketiga 20 persen. Khusus untuk desa dengan status mandiri  hanya dua tahap, yakni 60 persen dan 40 persen. (Sar)