Dinkes Kota Blitar Launching Vaksin covid-19, Sabtu 30 Januari 2021

  • Whatsapp
Kepala Bidang Pencegahan dan Pemberantasan Penyakit Dinas Kesehatan Kota Blitar, Didik Jumianto, dan ilustrasi vaksin covid-19.

Blitar, Infobanua.co.id – Pemerintah Kota (Pemkot) Blitar, setelah menerima vaksin covid-19, segera menjadualkan pelaksanaan vaksinasi covid-19 pertama pada Sabtu 30 Januari 2921 mendatang. Dan sesuai rencana, vaksin covid-19 akan diberikan pertama kali kepada perwakilan pejabat dan tokoh agama di Kota Blitar.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pemberantasan Penyakit Dinas Kesehatan Kota Blitar, Didik Jumianto, mengatakan bahwa, launching vaksinasi covid-19 akan dilaksanakan pada Sabtu 30 Januari 2021 mendatang.

“Dinkes sudah mendata 10 orang yang akan menjadi sasaran pertama pemberian vaksin covid-19 saat launching nanti,” kata Kepala Bidang Pencegahan dan Pemberantasan Penyakit Dinas Kesehatan Kota Blitar, Didik Jumianto, Selasa 26-01-2021.

Menurut Didik sebanyak 10 orang yang menjadi sasaran pertama pemberian vaksin covid-19 saat launching dari unsur pejabat dan tokoh agama.

“Adapun 10 orang yang akan menerima vaksin pertama tersebut yakni, Sekda, Komandan Batalyon 511, Kapolresta, Ketua DPRD, Ketua IDI, Wadir RSUD, Perwakilan Kemenag, Perwakilan MUI, Perwakilan NU, dan Perwakilan Muhammadiyah,” jlentrehnya.

Selanjutnya Didik menjelaskan bahwa, setelah launching pelaksanaan vaksinasi covid-19, akan dilanjutkan kepada para tenaga kesehatan dan tenaga penunjang di fasilitas kesehatan.

Saat ini Dinkes mendata ada 2.345 orang tenaga kesehatan di Kota Blitar yang rencananya akan menerima vaksin covid-19.

“Sekarang, vaksin yang datang baru 1.240 botol. Sebelum vaksin habis, kami akan minta lagi ke provinsi,” ungkapnya.

Masih menurut Didik pengiriman vaksin covid-19 dari provinsi menyesuaikan tempat penyimpanan di masing-masing Daerah.

Dinkes Kota Blitar memiliki 10 lemari es penyimpanan vaksin covid-19. Dari 10 lemari es, empat unit berada di kantor Dinkes dan selebihnya di Puskesmas dan fasilitas kesehatan. Dan pelaksanaan vaksin, akan dilakukan di 11 fasilitas kesehatan di Kota Blitar.

Sedang sebelas fasilitas kesehatan itu terdiri atas tiga Puskesmas, tiga Klinik, dan lima Rumah Sakit.

“Kami menyiapkan 95 orang tenaga vaksinator. Mereka sudah kami beri pelatihan untuk melaksanakan vaksinasi,” pungkasnya.(Eko.B)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *