Categories: BANJAR

Jembatan Bailey 50 Ton di Batas Astambul Matraman Segera Dibangun

Martapura, infobanua.co.id – Jembatan Rangka Besi portabel (bailey) di Jalan A Yani KM 55, tepat di tapal batas wilayah Kecamatan Astambul – Mataraman rampung dibangun dan dapat dilintasi sejak Senin (25/1/2021) pagi sekitar pukul sembilan.

Namun terbatas, hanya kendaraan bermotor roda dua (R2) yang boleh melintas. Sedangkan kendaraan roda empat (R4), belum dibolehkan. Meski awalnya, jembatan berkekuatan beban 5 ton ini akan dapat dilintasi R4. Penyebabnya, tanah penyangga rangka jembatan longsor.

Pengendara R4 dari arah Banjarmasin menuju Hulu Sungai, dan sebaliknya  tetap diwajibkan menggunakan jalur alternative yang sudah disiapkan, dijaga petugas, dan dipasangi rambu penunjuk arah.

Sedangkan untuk mobilitas kendaraan bertonase berat, akan dibangun lagi satu jembatan bailey. Lokasinya bersebelahan dengan jembatan bailey  yang saat ini sudah dapat dilintasi R2. “Akhir Januari, tepatnya 29 Januari 2021 jembatan bailey untuk kendaraan bermuatan berat maksimal 50 ton sudah rampung,” kata Tito, Kepala Satuan Kerja (Satker) Perbaikan Jalan Nasional (PJN) II Kalimantan Selatan.

Dikatakan Tito saat meninjau lokasi pembangunan jembatan bailey bersama Yudha Handita Pandjirawan selaku Direktur Pembangunan Jembatan pada Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan rakyat (PUPR) RI, saat ini material untuk pembanguan jembatan bailey dalam perjalanan. “Mudah-mudahan besok sudah tiba,” ungkapnya.

Untuk memenuhi target rampung 29 Januari nanti, Tito memastikan banyak hal yang mesti dikerjakan segera. Salah satunya membangun pondasi jembatan yang tentunya memerlukan banyak timbunan material. “Untuk pembebasan lahan tengah diproses pemerintah daerah. Kita akan memaksimalkan pembangunan jembatan darurat satunya dapat rampung sesuai target,” katanya.

Fad/IB

admin

Recent Posts

KPU Pesisir Selatan Lakukan Sosialisasikan Tahapan Pilkada 2024

Pesisir Selatan, infobanua.co.id - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat (Sumbar) melakukan…

2 jam ago

Wali Kota Jakpus Sarasehan dengan Ulama Umaro

Jakarta, infobanua.co.id – Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Dhany Sukma melalui bagian Kesejahteraan Rakyat dan…

2 jam ago

Edarkan Ekstasi, Salah Satu Warga Desa Bandar Dolok Berhasil Diamankan

Sumut, infobanua.co.id - Tim Opsnal Satres Narkoba Polres Serdang Bedagai (Sergai) berhasil mengungkap peredaran narkoba…

4 jam ago

Kabid PO Disdik Karawang Tak Tahu Alokasi 10 Paket Proyek Lapang Volly, LMP Pastikan Lapor APH

Karawang, infobanua.co.id - Perihal pengakuan Kepala Bidang Pemuda dan Olahraga Dinas Pendidikan (PO Disdik) Karawang,…

4 jam ago

Pererat Silaturahmi, Bupati Kotabaru Halal Bihalal di Tiga Kecamatan

KOTABARU, infobanua.co.id - Pemerintah Kabupaten Kotabaru menggelar Halal bihalal Hari Raya Idul Fitri 1445 H…

4 jam ago

Tak Sesuai Dengan LPJ Sosialisasi Perda, DPRD D.Serdang Dijadikan Temuan BPK.RI

Deli Serdang, infobanua.co.id – Kegiatan Sosialisasi Peraturan Daerah oleh anggota DPRD Kabupaten Deli Serdang yang…

4 jam ago