Dana Desa Bisa Digunakan Bantu Penanganan Banjir di Kalsel

  • Whatsapp

BANJARBARU – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kalimantan Selatan mengupayakan agar dana desa bisa digunakan dalam penanganan banjir yang terjadi di 11 kabupaten/kota di Kalsel.

Pemerintah Kabupaten bisa segera membuatkan regulasi tentang pelaksanaan dana desa, karena itu memerlukan Peraturan Bupati (Perbup) untuk pencairannya.

“Hanya tiga kabupaten salah satunya Tanah Bumbu yang sudah merampungkan regulasi Perbup tentang pelaksanaan dana desa dan kita inginkan kabupaten yang lainnya mempercepat terbentuknya Perbup tersebut” kata Kepala Dinas PMD Kalsel, Zulkifli, Banjarbaru, Senin (25/1).

Diketahui, Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) di tahun 2021 sudah terbentuk karena dimusyawarahkan di tahun 2020, jadi tinggal menunggu Perbup dan akan diserahkan kepada Pemerintah Pusat.

“Kami meminta kepada desa agar bisa melakukan revisi terhadap APBDes nya dan merubah refocusing penanganan terhadap dampak banjir,” tambah Zulkifli.

Zulkifli berpesan kepada tim pendamping desa untuk bisa menginformasikan dampak yang timbul akibat banjir.

Tim pendamping desa agar bisa mendata kerusakan yang terjadi akibat banjir seperti berapa rumah yang rusak, Kepala Keluarga yang terdampak dan ada berapa korban.

“Oleh karena itu, pihaknya akan berusaha untuk memberdayakan masyarakat dalam penanganan yang terdampak banjir,”pungkasnya.

febri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *