Masyarakat Berperan Penting Membantu Berantas Peredaran Narkoba

  • Whatsapp

Buntok, infobanua.co.id – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD), Kabupaten Barito Selatan (Barsel), Kalimantan Tengah (Kalteng), H. Sudiarto mengatakan, masyarakat sangat berperan penting untuk membantu Aparat Penegak Hukum (APH) dalam memberantas peredaran narkoba di wilayah Kabupaten Barsel khususnya.

Hal ini terbukti dalam SeTahun terakhir ini, Polres Barsel sudah menangkap pengedar dan pemakaian barang haram tersebut yang hendak masuk wilayah Hukum Polres Barsel, bahkan pihak werwajid juga sudah menggagalkan transaksi jual beli narkoba berkat informasi dari masyarakat setempat.

“Karena, peredaran narkoba sudah masuk ke pelosok-pelosok daerah pedesaan, bahkan hingga ke pelajar,” tulis H. Sudarto saat dimintai pendapat melalui pesan Whatsapp, pada Sabtu (23/1/2021).

Mantan Kepala Desa Babai ini juga menambahkan, di Kecamatan Karau Kuala ini, masyarakatnya sangat mengetahui keadaan dan kondisi lingkungan ditempat tinggal mereka masing-masing.

Oleh karena itu, informasi dari masyarakat di daerah ini sangat penting dan sangat diperlukan dalam membantu aparat kepolisian mengungkap kasus peredaran narkoba tersebut.

Lanjutnya, contonya seperti halnya pengungkapan kasus narkoba pada Kamis (14/1) lalu oleh Satuan Reserse Narkoba Polres Barito Selatan yang Tempat Kejadian Perkara (TKP)nya berada di Jalan Kartini Buntok itu, awal terungkapnya berdasarkan laporan dari masyarakat.

“Pengungkapan kasus kemarin kan berawal dari adanya laporan masyarakat dan setelah itu ditindaklanjuti aparat kepolisian Polres Barito Selatan, sehingga berhasil mengamankan dua orang pelaku yang diduga ingin melakukan transaksi narkoba jenis sabu-sabu,” ujararnya.

Politisi dari Partai Amanat Nasional (PAN) Barsel itu juga berharap kepada masyarakat di wilayah setempat hendaknya tidak perlu takut untuk menyampaikan ataupun melaporkan kepada yang berwajib apabila melihat sesuatu yang mencurigakan disekitar tempat tinggalnya masing-masing.

“Kita berharap, seluruh lapisan masyarakat yang ada di kabupaten yang berjuluk Dahani Dahanai Tuntung Tulus ini dapat bekerjasama dalam memberantas peredaran narkoba dengan melaporkan apabila melihat sesuatu yang mencurigakan dilingkungan tempat tinggalnya masing-masing,” harap Sudiarto.

Menurut dia, peran serta dari masyarakat sangat penting dan sangat diperlukan dalam menyelamatkan generasi muda penerus bangsa supaya terhindar dari barang haram yang dapat merusak masa depan mereka.

Ali/IB

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *