Program Unggulan Ketahanan Pangan Desa Sababilah Lebih Dipriyoritaskan di Tahun 2021

  • Whatsapp

Buntok, infobanua.co.id – Ada berbagai macam program yang direncanakan oleh Pemerintah Desa (Pemdes) Sababilah, Kacamatan Dusun Selatan (Dusel), Kabupaten Barito Selatan (Barsel), Kalimantan Tengah (Kalteng), di Tahun 2021 ini. Salah satunya yang jadi priyoritas dan unggulan adalah progran ketahanan pangan.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Desa (Kades) Sababilah, Ardinto kepada wartawan pada saat Beliau meninjau kebun ketahanan pangan, pada Jum’at (22/1/2021).

Selain dana Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD), yang jadi priyoritas utama serta pembangunan fisik desa Sababilah, ada juga program yang sudah berjalan belum lama ini yang menjadi program unggulan di desanya, dalam hal ini masuk dalam pemberdayaan masyarakat bisa dikatagorikan ketahanan pangan yaitu budidaya semangka.

“Di Tahun sebelumnya kita bantu pupuk untuk para petani, bibit dan juga kita berikan penyuluhan, dan kita juga sudah mempunyai kelompok tani yang sudah kita dibentuk, dan kelompok ini sudah lumayan lama terbentuk,” ucap Ardinto kepada wartawan

Ardinto menambahkan, ketahanan pangan di Tahun sebelumnya juga kita sudah berhasil, dalam hal ini budidaya cabe. Dan di awal Tahun 2021 ini yang baru kita buka dan kita kembangkan adalah budidaya semangka.

“Sebulumnya kita juga sudah ada membudidayakan melon dan jangung dan ini juga sudah berhasil dan masih tetap produksi. Dan sedangkan untuk bididaya semangka ini sendiri kita baru saja 1 kali panen dan ini tahap panen yg ke 2,” katanya.

Lanjut Ardinto, meskipun budidaya semangka ini baru berumur beberapa hari, akan tetapi hasilnya sudah mulai terlihat bagi warga desa, dan warga desa juga sangat senang dengan adanya program unggulan ini.

“Ketahanan pangan ini bagi saya sangat banyak sekali manfaatnya bagi warga desa kami, yang pertama membuka lapangan pekerjaan, hasilnya bisa diberikan kepada keluarga yang kurang mampu serta hasilnya bisa dijual untuk memperbaiki perekonomian warga desa, terlebih lagi dimasa pendemi covid-19 ini, dan program ini akan selalu kami kembangkan di Tahun – Tagun berikutnya,” pungkasnya.

Ali/IB

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *