Categories: HULU SUNGAI UTARA

Anyaman Purun Mata Pencaharian Utama Warga Haur Gading HSU

AMUNTAI, infobanua.co.id – Kalimantan Selatan dikenal sebagai salah satu provinsi yang menghasilkan kerajinan anyaman lokal yang terbuat dari tanaman purun. Purun merupakan jenis endemic di ekosistem gambut berasal dari tumbuhan rumput liar di dekat air atau rawa.

Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) memiliki banyak wilayah perairan, pasalnya sebagian besar merupakan daerah rawa. Tak heran dimana sampai saat ini masih banyak masyarakatnya yang membuat anyaman purun untuk menjadi mata pencaharian utama.

Salah satunya desa yang sebagian besar masyarakatnya bekerja sebagai pengrajin purun adalah Desa Tambak Sari Panji, Kecamatan Haur Gading, Kabupaten HSU.

Menurut Sarkiah, salah satu pengrajin purun Desa Tambak Sari Panji mengatakan, dirinya sudah 25 tahun sebagai pengrajin purun, yang membuat bertahan sebagai pengrajin purun hingga saat ini adalah kerajinan purun menjadi usaha yang menjanjikan potensi kesejahteraannya dibandingkan usaha yang lain.

Ia juga menambahkan, secara letak geografis Desa Tambak Sari Panji memiliki lahan gambut yang sangat luas menjadikan sebagian masyarakatnya mudah untuk mencari bahan baku purun.

Selain mudah didapatkan bahan baku tanaman purun dikarenakan letak geografis HSU yang didominasi oleh rawa, pembuatan anyaman purun pun sangat beragam dan sangat mudah diaplikasikan menjadi berbagai bentuk kerajinan tangan seperti, tas, topi, hingga karpet.

“Untuk harga hasil kerajinan purun sangat bervariasi, misalnya untuk harga tas dengan ukuran besar harganya Rp. 50.000, ukuran sedang Rp. 40.000, ukuran kecil Rp. 30.000 dan untuk tikar dijual dengan harga Rp. 10.000.

Sarkiah juga mengungkapkan, dirinya bersama pengrajin purun yang ada di Desa Tambak Sari Panji juga mempunyai kelompok kerja dengan nama “Manuntung” yang beranggotakan 52 orang.

“Kelompok kerja ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan juga saling bertukar ilmu kepada sesama pengrajin purun.” pungkasnya.

Rel/IB

admin

Recent Posts

Pemkab Pessel Siapkan 221 Ton Beras Bagi Masyarakat Terdampak Banjir dan Longsor

Pesisir Selatan, infobanua.co.id – Berbagai upaya terus dilakukan Pemerintah Daerah Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat (Sumbar)…

20 menit ago

Bupati Pessel Berbuka Puasa Bersama Warga di Nagari Gurun Panjang

Pesisir Selatan, infobanua.co.id – Bupati Pesisir Selatan, Sumatera Barat (Sumbar) Rusma Yul Anwar lakukan kegiatan buka…

33 menit ago

Prestasi Gemilang, Bank Kalsel Raih Penghargaanpada Ajang 5 th Top Digital Corporate Brand Award2024

Banjarmasin, 28 Maret 2024 - Bank Kalsel kembali menorehkan prestasi. Kali ini, BankKalsel menerima penghargaan…

55 menit ago

Bank Kalsel Serahkan 3 Gerobak Baru Untuk UMKM, Dalam Semarak HUT ke-60

BANJARMASIN, 28 Maret 2024 – Dalam perayaan HUT Bank Kalsel ke-60 dengan tema SEMARAK (Selalu…

1 jam ago

Angka Kemiskinan di Pessel Masih Tinggi, Pemkab Sebut Trentnya Kian Menurun Pertahunnya

Pesisir Selatan, infobanua.co.id - Presentase angka penduduk miskin di Pesisir Selatan, Sumatera Barat (Sumbar) masih…

2 jam ago

IDE by Indosat Business dan Google Cloud Gelar Startup Bootcamp 2024, Berdayakan Bisnis Rintisan Lewat Inovasi dan Wawasan Teknologi

Jakarta, 26 Maret 2024 – Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat atau IOH) melalui Indosat Digital Ecosystem (IDE) by Indosat…

2 jam ago