Ramai Hoaks Soal Vaksin, Diharapkan Masyarakat Cari Sumber Resmi

  • Whatsapp

Pekalongan, infobanua.co.id – Penyebaran hoaks perihal vaksin Covid-19 berefek pada biasnya informasi sehingga bisa menutupi informasi-informasi yang valid dari sumber resmi. Hal tersebut mampu memperkeruh keadaan dan menimbulkan keresahan di masyarakat.

Untuk itu Kapolres Pekalongan AKBP Darno, S.H., S.I.K. mengingatkan kepada masyarakat untuk bijak dalam menggunakan media sosial. Terutama di tengah pandemi wabah virus Corona atau Covid-19 saat ini. Hendaknya masyarakat tidak memposting status atau informasi yang belum tentu kebenarannya.

“Mari bijak bermedia sosial, Jangan asal posting informasi atau berita yang belum jelas sumber dan kebenarannya, maka stop pada kita, stop ditangan anda, jangan disebarkan. Mari lawan dan perangi hoaks, kata Kapolres Rabu (27/1/2021)

Pihaknya meminta kepada semua pihak untuk mengakses informasi mengenai vaksinasi dan Covid-19 dari sumber resmi. Ajakan ini disampaikan untuk menanggapi beredarnya informasi hoaks atau palsu di media sosial.

Menurut AKBP Darno, saat ini semua orang tengah gencar melakukan perlawanan terhadap invasi virus Corona. Di tengah situasi yang genting ini, hendaknya masyarakat harus kompak dalam melakukan perlawanan. Bukannya membuat resah dengan menyebarkan berita bohong.

Untuk itu, polisi akan menindak tegas kepada siapapun yang membuat atau menyebarkan informasi bohong di tengah wabah Corona saat ini. Baik itu berupa gambar maupun tulisan-tulisan yang bersifat palsu atau tidak diketahui sumber dan kebenarannya.

“Apabila menyebarkan baik itu gambar, tulisan atau video yang tidak jelas sumber dan kebenarannya maka akan kita tindak dan kita jerat dengan undang-undang ITE,” katanya.

Lebih lanjut Kapolres Pekalongan menambahkan bahwa pihaknya akan terus melakukan patroli cyber untuk mencegah berita-berita hoax agar tidak meresahkan masyarakat. (Agus E)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *