Siasati Pakan Ayam Mahal Dislutkanak Kab.Blitar Sarankan Buat Pakan Alternatif

  • Whatsapp
Kepala Dinas Kelautan, Perikanan dan Peternakan (Dislutkanak) Kabupaten Blitar, Adi Andaka.

Blitar, Infobanua.co.id – Menyiasati agar peternak Ayam Petelur di Kabupaten Blitar tidak merugi akibat harga pakan Ayam yang melambung tinggi, disarankan untuk membuat pakan alternatif.

Kepala Dinas Kelautan, Perikanan dan Peternakan (Dislutkanak) Kabupaten Blitar, Adi Andaka, mengatakan bahwa, untuk menyiasati dan menyikapi harga pakan ayam yang dinilai mahal disarankan untuk membuat pakan alternatif.

“Untuk menyiasati harga pakan ayam yang mahal, kami sarankan kepada peternak ayam petelur untuk membuat pakan alternatif. Karena hasil pantauan kami sejauh ini sudah banyak peternak yang bisa membuat pakan alternatif,” kata Kepala Dinas Kelautan, Perikanan dan Peternakan (Dislutkanak) Kabupaten Blitar, Adi Andaka, Rabu 27-01-2021.

Menurut Adi, bahwa sekarang persoalannya bukan harga telur yang murah, melainkan biaya produksi yang mahal. Karena banyak komponen-komponen impor. Karena kondisi ini sudah berhubungan dengan ekonomi global.

“Terkait pakan ayam, ini bukan persoalan lokal, tapi sudah global,” jlentrehnya.

Masih menurut Adi, jika peternak menggunakan pakan dengan dicampur sendiri, maka diyakini biaya produksi akan lebih murah. Sebaliknya, kalau semua menggunakan pakan dari pabrikan, otomatis biayanya akan mahal.

“Kami meyakini peternak di Kabupaten Blitar sudah bisa membuat pakan alternatif sendiri. Tinggal mereka mau melakukannya atau tidak,” pungkasnya. (Eko.B) 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *