Tangkal Penyebaran Corona, Pemkot Blitar, Akan Beli Lemari Pendingin Penyimpan Plasma Konvalesen

  • Whatsapp
Walikota Blitar.

Blitar, Infobanua.co.id – Pemerintah Kota (Pemkot) Blitar akan menggunakan anggaran dari belanja tak terduga untuk membeli lemari pendingin tempat penyimpanan plasma konvalesen.

Wali Kota Blitar, Santoso, mengatakan bahwa, pengadaan lemari pendingin tempat penyimpanan plasma konvalesen penting sekali untuk penanganan covid-19.

“Pemerintah Pusat juga sudah memberi himbauan agar warga masyarakat yang pernah terpapar covid-19 dan sudah dinyatakan sembuh untuk bersedia mendonorkan plasma konvalesennya,” kata Wali Kota Blitar, Santoso, kepada awak media, Rabu 27-01-2021.

Menurut Santoso, bahwa fakta di lapangan, membuktikan jika plasma konvalesen sangat efektif untuk menyembuhkan orang yang terpapar covid-19.

Kendalanya sekarang adalah Pemkot Blitar belum punya lemari pendingin tempat untuk menyimpan plasma konvalesen.

“Karena sifatnya urgen, kami berencana mengadakan alat penyimpanan plasma konvalesen dengan menggunakan anggaran dari biaya tak terduga,” jlentrehnya.

Masih menurut Santoso, jika lemari pendingin untuk penyimpanan plasma konvalesen, berbeda dengan tempat penyimpanan darah di Palang Merah Indonesia (PMI). Dan lemari pendingin penyimpanan plasma darah konvalesen harus memiliki suhu minus 30 derajat Celcius.

“Kami sudah tanyakan ke Ketua PMI, harga lemari pendingin penyimpanan plasma konvalesen sekitar Rp.400 juta,” ungkapnya.

Selanjutnya Santoso menjelaskan, bila nanti sudah punya lemari pendingin sendiri akan memudahkan pendonor plasma konvalesen di Kota Blitar.

Sebab saat ini, jika ada pendonor plasma konvalesen, PMI Kota Blitar harus membawanya ke Kediri.

Selain itu, jika sudah punya alat penyimpanan sendiri, Pemkot Blitar dan PMI juga akan menggencarkan sosialisasi terkait donor plasma konvalesen kepada warga masyarakat.

“Jika nanti sudah punya alat penyimpanan sendiri, kami tidak perlu ke mana-mana lagi. Ada pendonor langsung disimpan di lemari pendingin. Jika dibutuhkan sewaktu-waktu tinggal ambil,” pungkasnya. (Eko.B) 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *