RSUD Kardinah Miliki Layanan Rawat Inap Jiwa dan Kemoterapi

  • Whatsapp

TEGAL, infobanua.co.id – Fasilitas RSUD Kardinah Kota Tegal bertambah lagi. Kali ini rumah sakit type B itu menambah fasilitas Pelayanan Rawat Inap Jiwa dan Kemoterapi. Secara resmi kedua layanan tersebut dilaunching Walikota Tegal Dedy Yon Supriyono, Rabu (27/1/2021).

Launching dihadiri Wakil Walikota Tegal Muhamad Jumadi, Wakil Ketua DPRD Kota Tegal Habib Ali Zaenal Abidin, Sekda Kota Tegal Johardi, Plt. Direktur RSUD Kardinah dr. Hery Susanto, Pejabat di lingkungan Pemkot Tegal dan lainnya.
Layanan rawat jiwa di RSUD Kardinah menyediakan 23 bed di Gedung Puspa Nindra dan layanan kemoterapi di Gedung Cendana lantai 2.

Dedy Yon saat launching mengharapkan RSUD Kardinah melakukan berbagai perubahan. Mulai dari fasilitas pelayanan sehingga lebih baik lagi. Demikian pula, sarana dan prasarana penunjang medik seperti ruang tunggu juga harus nyaman, lokasi parkir juga harus ditertibkan sesuai peruntukkannya, pembatasan waktu besuk dan jumlah penunggu pasien.

“Ruangan pasien juga harus nyaman sehingga tidak membuat kecewa,” ungkap Dedy Yon.

Dedy Yon juga mengingatkan agar dokter apabila ada kejadian emergency harus siap. Apalagi RSUD Kardinah sudah memiliki aplikasi Layanan Emergency Kardinah Online Cepat Datang dan Tangani (Lekon Tangi). Karena ini berkaitan dengan nyawa seseorang. “Penanganan tidak boleh terlambat,” pungkas Dedy Yon.

Plt Direktur RSUD Kardinah dr. Hery Susanto, Sp.A mengatakan dua layanan tersebut dihadirkan untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

dr Hery mengungkapkan kesehatan mental atau jiwa dan penyakit kanker masih menjadi masalah yang serius.

Menurut data catatan Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) tahun 2012 Prevalensi gangguan jiwa berat pada penduduk Indonesia 1,7 per 1000 penduduk.

Tingginya prevalensi gangguan jiwa ini, kata dr Hery, membutuhkan pelayanan yang prima di rumah sakit. Sementara itu Prevalensi kanker sebesar 1,4 per 1000 penduduk.

Menurut dr. Hery, dua layanan tersebut sangat dibutuhkan masyarakat Kota Tegal dan sekitarnya, mengingat masih tingginya angka orang dengan ganguan jiwa dan penyakit kanker. Sementara tak banyak rumah sakit yang menyediakan layanan jiwa dan kemoterapi.

dr. Hery mengatakan, dua layanan ini bisa dimanfaatkan untuk pasien umum maupun pasien BPJS Kesehatan.

“Untuk itu, saya berharap dua layanan ini bisa memberikan manfaat kepada masyarakat Kota Tegal dan sekitarnya,” ujar dr. Hery. (HS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *