Rutan Batang Fasilitasi Ruang Fitnes Untuk WBP

BATANG, infobanua.co.id – Ada pemandangan unik di Rumah Tahanan Negara (Rutan) Batang. Setiap hari beberapa Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) berlatih fitness/body building.
Mereka selalu serius membakar lemak dan membentuk otot-otot di tubuh dengan beragam alat body building yang disediakan di ruang fitnes. Aktivitas tersebut membuat otot dan tubuh kekar pun mulai terbentuk.

Kepala Rutan Batang Rindra Wardhana yang juga memiliki hobi body building menjelaskan, pihaknya menyediakan beragam alat body building sebagai bagian dari pembinaan jasmani baik terhadap pegawai maupun WBP.

“Kami sediakan alat body building ini untuk meningkatkan kebugaran tidak cuma untuk pegawai, tapi kami juga memberi kesempatan kepada WBP yang memiliki minat olah raga body building untuk ikut berlatih,” kata Rindra Wardhana saat memberi instruksi latihan di ruang fitnes, Rutan Kelas IIB Kabupaten Batang, Rabu (27/1/2021)

Sejumlah alat body building disediakan Rutan Batang diantaranya, barbel, sepeda statis, fitness bench dan tricep machine.
Di masa pandemi ini, Rindra juga selalu menekankan kepada WBP untuk mererapkan protokol kesehatan saat latihan.

Rindra memberi contoh cara sanitasi alat fitnes dengan cairan desinfektan, sehingga tidak menjadi perantara penularan virus. Selain latihan di dalam ruangan, ia juga mengajak WBP untuk berlatih di luar ruangan sambil berjemur.

“Dengan berjemur akan efektif untuk membakar lemak di bawah kulit. Selain itu, berjemur juga dapat meningkatkan imun,” tuturnya.

Rindra menargetkan akan mengadakan kejuaraan angkat berat di Rutan Batang.
April tahun kemarin, pernah merencanakan mengadakan kejuaraan angkat berat bekerjasama dengan Persatuan Angkat Besi Berat dan Binaraga Seluruh Indonesia (PABBSI) Kabupaten Batang, namun karena pandemi terpaksa kejuaraan tersebut kami tangguhkan.

“Kedepan tidak menutup kemungkinan kami akan pertimbangkan lagi menggelar kejuaraan angkat berat tentunya dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat,” terangnya.

Ia berharap, dengan adanya fasilitas fitness di dalam Rutan Batang bisa memberikan manfaat terutama dalam menjaga kebugaran tubuh pegawai dan WBP di masa pandemi.
Salah satu WBP, Adrianus yang ikut kegiatan fitnes menjelaskan, dirinya senang bisa ikut berlatih body building.

Pria asal NTT ini mengaku telah banyak perubahan pada otot dan body setelah6 hampir setahun mengikuti latihan di Rutan Batang.
“Senang pak, selain tubuh bugar, fikiran juga tenang,” ungkapnya. (HS)