Doktor Aqua Motivasi KBT Kodim Brebes Agar Tetap Produktif di Masa Pandemi

  • Whatsapp

BREBES, infobanua.co.id – Motivasi tentang kunci hidup bahagia juga diberikan oleh motivator nasional, Dr. Drs. Aqua Dwipayana, M.I.Kom, kepada KBT (Keluarga Besar Tentara) Kodim 0713 Brebes, di Aula Makodim Brebes. Jumat (29/1/2021).

Dalam acara yang digelar dengan penerapan protokol kesehatan ini, secara garis besar pemateri menyampaikan terkait tetap produktif dan menghasilkan kinerja terbaik pada tahun 2021, meskipun saat ini masih pandemi covid–19.

Dalam kesempatan ini, Doktor Aqua memaparkan dengan gamblang tentang bagaimana berkarya dan menjalin komunikasi sosial dengan masyarakat di saat situasional pandemi covid-19, karena kehadiran TNI sangat dibutuhkan oleh masyarakat dalam membantu penanganan bencana alam, covid, pertanian, peternakan, KB-Kes, dan kegiatan-kegiatan sosial lainnya.

“Saya juga mendorong para orang tua agar terus memotivasi anak-anak mereka, terkait kegiatan belajar mengajar di rumah di saat pandemi covid ini,” ungkapnya.

Orang tua juga harus menjadi sahabat bagi anak-anaknya, mendorong, mengarahkan, dan mendukung minat maupun bakat mereka sehingga kedepan menjadi orang yang sukses.

Ia juga berpesan agar jangan memberikan makanan yang haram kepada anak, beri pendidikan agama sejak dini, menjadi orang tua yang demokratis, selalu memberikan motivasi saat mereka jatuh dan memberikan apresiasi saat mereka berhasil, monitoring perkembangan mereka, serta mendoakan mereka.

Menurutnya, kegiatan itu juga sama seperti rutinitas para Babinsa saat membina desanya, yaitu dengan menjadi sahabat bagi para warga desa binaannya serta para komponen pembina desa lainnya, melalui action dan consistency (aksi nyata dan selalu konsisten).
“Kunci agar dicintai masyarakat adalah selalu mengedepankan REACH saat bertugas, yaitu Respect/menghormati orang lain, Empathy (selalu merasakan apa yang dirasakan orang lain, Audible (dapat didengar orang lain), Clarity (menggunakan kalimat sederhana sehingga mudah dipahami), dan Humble atau rendah hati/tak sombong,” tandasnya.

Tak lupa dirinya memberikan apresiasi atas antusias para audien saat sesi tanya jawab.

“Kita bangga karena Kodim Brebes menyiapkan acara motivator ini dengan maksimal, termasuk ditampilkan secara virtual sehingga masyarakat umum juga dapat mengikutinya. Lebih dari 536 orang masyarakat umum mengikutinya secara virtual,” pungkasnya.

Sementara itu Dandim, Letkol Armed Mohamad Haikal Sofyan menyatakan apresiasi atas motivasi yang diberikan narasumber tersebut, dimana itu merupakan salah satu bentuk dukungan moril dalam meningkatkan kinerja dan komunikasi antara prajurit dengan segenap komponen masyarakat, Ormas, maupun aparatur/instansi lainnya.

“Apa yang telah disampaikan saya harapkan dapat membawa manfaat bagi keluarga besar Kodim Brebes dan masyarakat, agar kedepan akan lebih giat dalam bekerja sehingga mendapatkan output kerja yang lebih maksimal,” ucapnya saat sesi wawancara.

Sebelum meninggalkan kota bawang untuk bertolak ke Jakarta, Doktor Aqua diberikan cinderamata. (HS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *