SILPA TH.2020 Pemkab.Blitar Tembus Rp.113 Miliar, Terpasang Kembali di APBD 2021 dan BTT

  • Whatsapp
Kepala BPKAD Kabupaten Blitar, Khusna Lindarti.

Blitar, Infobanua.co.id – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blitar, dalam hal ini
Badan Pengelola Keuangan Daerah (BPKAD) Kabupaten Blitar, menyatakan jika Sisa Lebih Penggunaan Anggaran (SiLPA) tahun 2020 di Kabupaten Blitar mencapai Rp.113 Miliar. SiLPA sebanyak itu sebagian sudah terpasang kembali di APBD TH 2021, dan sisanya untuk menambah Belanja Tak Terduga (BTT).

Kepala Badan Pengelola Keuangan Daerah (BPKAD) Kabupaten Blitar, Khusna Lindarti, mengatakan bahwa, Sisa Lebih Penggunaan Anggaran tahun 2020 mengalami penurunan bila dibanding tahun sebelumnya.

Tahun 2020 SiLPA hanya sekitar Rp.113 Miliar, sedangkan tahun 2019 mencapai Rp.176 Miliar.

“Untuk besaran SiLPA itu masih berdasarkan khas daerah yang ada, belum diaudit oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK),” kata Kepala Badan Pengelola Keuangan Daerah (BPKAD) Kabupaten Blitar, Khusna Lindarti, kepada awak media, Jum’at 29-01-2021.

Menurut Khusna, jika dibanding tahun 2018 juga masih terus mengalami penurunan. Karena pada tahun 2018, SiLPA tembus Rp.200 Miliar lebih,” jlentrehnya.

Selanjutnya Khusna menerangkan bahwa, penyerapan anggaran yang ada di masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD), pengelolaanya dilakukan secara efektif dan efisien, sehingga mencapai sasaran. Karena adanya refocusing anggaran, sehingga sejumlah kegiatan fisik juga ditentukan.

“Anggaran tahun 2020 banyak yang direfocusing untuk penanganan covid-19. Untuk itu kegiatan fisik banyak yang selesai, karena pembangunannya ditentukan titik-titik yang paling urgent,” ungkapnya.

Selanjutnya Khusna berharap, agar Silpa tahun 2021 tidak sebesar tahun ini.

“Untuk itu kinerja Organisasi Perangkat Daerah (OPD) perlu terus ditingkatkan, supaya penyerapan anggaran bisa lebih maksimal,” pungkasnya. (Eko.B) 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *