Antisipasi Pengambilan Paksa Jenazah covid-19, Polresta Blitar Perketat Penjagaan di Rumah Sakit

Anggota Polresta Blitar berjaga di Rumah Sakit Mardi Waluyo, Kota Blitar.

Blitar, Infobanua.co.id – Untuk mengantisipasi terjadinya upaya paksa pengambilan jenazah pasien covid-19 yang dilakukan pihak keluarga maupun Rumah Sakit.

Polres Blitar Kota memperketat penjagaan di Rumah Sakit dan Puskesmas yang digunakan sebagai tempat perawatan pasien covid-19.

Kapolres Blitar Kota, AKBP Yudhi Hery Setiawan, mengatakan bahwa, sudah berkoordinasi dengan Pemerintah Daerah dan Rumah Sakit untuk mengantisipasi terjadinya pengambilan paksa jenazah pasien covid-19.

Dan Polres Blitar Kota, telah menerjunkan personel untuk berjaga di Rumah Sakit dan Puskesmas yang digunakan sebagai tempat perawatan pasien covid-19.

“Kami juga terus memberikan himbauan dan edukasi terhadap warga masyarakat, terkait penerapan protokol kesehatan terhadap jenazah pasien covid-19,” kata Kapolres Blitar Kota, AKBP Yudhi Hery Setiawan, Sabtu 30-01-2021.

Menurut Yudhi, bahwa selama ini, Polres Blitar Kota selalu melakukan pengamanan dalam proses pemakaman pasien covid-19.

Selain itu Polres Blitar Kota juga mengamankan proses pemakaman jenazah bukan pasien covid-19 yang meninggal di Rumah Sakit.

“Pengamanan pemakaman jenazah bukan pasien covid-19 ini kaitannya dengan pengawasan protokol kesehatan. Kami memberi himbauan kepada warga masyarakat yang melayat, agar tetap pakai masker dan jaga jarak,” jlentrehnya.

Lebih lanjut Yudhi menerangkan jika sampai sekarang belum ada kejadian pengambilan paksa jenazah pasien covid-19 di wilayah hukum Polres Blitar Kota.

“Kami berharap agar peran serta warga masyarakat untuk ikut menjaga suasana kondusif di masa pandemi covid-19. Selain itu, pengambilan paksa jenazah pasien covid-19 ada sanksi pidananya,” pungkasnya. (Eko.B)