infobanua.co.id
Beranda BANJARMASIN Lakukan Aksi Sosial Bartman Club Ikut Turun Serta Membantu Wilayah Terdampak Banjir

Lakukan Aksi Sosial Bartman Club Ikut Turun Serta Membantu Wilayah Terdampak Banjir

BANJARMASIN, infobanua.co.id – Banjir yang melanda Kalimantan Selatan telah merendam lebih dari 24 ribu rumah di 10 kabupaten/kota. Kondisi ini membuat Barito Mania (Bartman) dan sejumlah Fans Club Eropa (FCE) yang tergabung dalam SuperSoccer Banjarmasin kembali beraksi.

Komunitas yang tergabung di dalam suporter Barito Putera itu langsung bergerak cepat. Mereka melakukan penggalangan donasi dan juga menerima bantuan dari kelompok suporter lain seperti Pusamania dan Laskar Ayam Jantan (LAJ).

“Kami sudah tiga kali menyalurkan bantuan, yang terbaru pada Minggu (24/1), yaitu ke Lok Buntar Kabupaten Banjar. Warga di daerah sini masih minim mendapatkan bantuan. Sebelumnya kami juga mengirimkan bantuan ke wilayah Batola Banjarmasin dan Martapura,” ujar Ketua Umum Bartman, Dedy Sattardi, Sabtu (30/1).

Menurut Dedy, bantuan yang disalurkan ke wilayah Lok Buntar meliputi beras, telur, minyak goreng, mie instan, lilin, gula, kopi, teh, pampers, susu, bubur bayi, hingga pampers untuk orang tua.

“Sebagian barang tersebut kami beli di toko Djarum Retail Partnership (DRP) di daerah Kayu Tangi. Karena mereka tau pembelian ini untuk para korban banjir, kami dapat potongan harga yang cukup lumayan,” imbuh Dedy.

Aksi nyata juga dilakukan oleh sejumlah fans club Eropa yang tergabung dalam SuperSoccer Banjarmasin. Arsenal Indonesia Supporter (AIS) Banjarmasin dan Manchester City Supporter Club Indonesia (MCSCI), mereka berkolaborasi memberikan bantuan kepada korban banjir di daerah Puntik Kabupaten Barito Koala dan daerah Semangat Dalam Kabupaten Barito Koala.

AIS menyalurkan bantuan dalam bentuk beras, mie instan, telur, makanan ringan, pampers, susu bayi, hingga obat-obatan. Sementara MCSCI menyediakan makanan siap santap berupa nasi bungkus.

“Kami memang berkolaborasi dengan teman-teman dari Manchester City Banjarmasin. Bentuk bantuannya memang berbeda. Tetapi sasaran kami adalah daerah yang selama ini belum mendapatkan bantuan,” ungkap Koordinator AIS, Setya Wiraldi.

Sebagian barang-barang bantuan seperti kopi, gula, dan kue kering dibeli di Toko DRP Madina, di daerah Adyaksa, Banjarmasin. Sementara, sebagian lainnya dibeli di tempat perbelanjaan lain.

Fans club lainnya juga turut melakukan aksi sosial seperti Chelsea Indonesia Supporters Club (CISC), FC Bayern Fan Indonesia (FCBFI) Banjarmasin,Laziale Kalsel, kemudian Milanisti Indonesia Sezione Banjarmasin.

Koordinator SuperSoccer Banjarmasin Devin Ilham mengapresiasi apa yang dilakukan oleh Bartman maupun sejumlah fans club Eropa ini. Menurutnya, jiwa sosial mereka langsung tergerak saat terjadi bencana banjir yang ada di Kalsel.

“Ini juga menjadi momentum antara teman-teman Bartman maupun fans club Eropa dengan DRP. Di sini sebagian DRP mau memberikan potongan harga saat mereka tahu barang yang dibelanjakan adalah untuk korban bencana,” Pungkas Devin.

febri

Bagikan:

Iklan