Mayoritas PNS Tenaga Guru Kab.Blitar Tahun 2021 Pensiun

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Blitar, Mashudi.

Blitar, Infobanua.co.id –Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blitar, melalui Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Blitar, menginformasikan jika 650 orang Pegawai Negeri Sipil (PNS) tahun 2021 ini memasuki masa pensiun, dan mayoritasnya adalah tenaga pendidik.

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Blitar, Mashudi, mengatakan bahwa, selain tenaga pendidik, ada juga tenaga teknis dan tenaga kesehatan (nakes) yang pensiun. Rata-rata setiap tahunnya ada 500 orang PNS.

“Jumlah PNS yang banyak adalah tenaga pendidikan. Sehingga PNS yang pensiun paling banyak dari tenaga pendidikan atau guru,” kata Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Blitar, Mashudi, kepada awak media, Sabtu 30-01-2021.

Menurut Mashudi, meski ada ratusan PNS yang pensiun, namun pihaknya masih tetap optimis bila kinerja PNS bisa maksimal.

Sebab sudah melakukan berbagai upaya agar kinerja PNS tetap maksimal. Seperti memaksimalkan teknologi supaya kinerja lebih cepat, efektif dan efisien.

“Dari sisi kelembagaan, kini juga sedang diproses menuju penyesuaian efektifitas perampingan, sesuai dengan potensi yang ada,” jlentrehnya.

Selanjutnya Mashudi berharap, agar tetap ada penambahan PNS melalui perekrutan CPNS, supaya kinerja lebih optimal.

Tapi sampai saat ini belum ada informasi resmi soal perekrutn CPNS. Sementara untuk PNS yang pensiun tahun ini, mayoritas merupakan tenaga pendidik.

“Kami sudah mendata kekurangan PNS yang ada. Jadi tinggal mengusulkan formasinya apa saja ketika ada rekrutmen CPNS,” ungkapnya.

Sementara itu, ditempat terpisah Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Blitar, Bidi Kusumarjaka mengatakan, bahwa perekrutan tenaga pendidik atau guru melalui CPNS terus dilakukan. Karena setiap tahun jumlah guru PNS yang pensiun cukup banyak. Seprti tahun ini, sekitar 500 guru PNS dipastikan pensiun.

“Selama ini, penambahan kuota guru setiap kali perekrutan CPNS masih sedikit, hanya sekitar 170 hingga 200 orang. Akibatnya, kekurangan guru di Kabupaten Blitar semakin meningkat,” pungkasnya. (Eko.B)