Vaksin covid-19 Perdana di Kota Blitar, Dilakukan Hari Ini

  • Whatsapp
Kapolresta Blitar AKBP Yudhi Hery Setiawan, ketika disuntik vaksin covid-19 di RSUD Mardi Waluyo, Kota Blitar, Sabtu 30 Januari 2021.

Blitar, Infobanua.co.id –Pemerintah Kota (Pemkot) Blitar, melalui Dinas Kesehatan, Kota Blitar, melakukan vaksinasi covid-19 perdana di RSUD Mardi Waluyo, Kota Blitar, Sabtu 30-01-2021.

Vaksin covid-19 perdana diberikan kepada perwakilan 10 pejabat dan tokoh agama, tokoh masyarakat serta tokoh pemuda di Kota Blitar.

Sepuluh orang yang dijadualkan mendapat vaksin covid-19 perdana yakni, Sekda Kota Blitar, Kapolres Blitar Kota, Plt.Dandim 0808 Blitar, Danyon 511, perwakilan IDI, perwakilan RSUD Mardi Waluyo, perwakilan MUI, perwakilan Kemenag, perwakilan NU, dan perwakilan Muhammadiyah.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Blitar, Muchlis, mengatakan, bahwa 10 pejabat, tokoh agama, tokoh masyarakat dan tokoh pemuda yang dijadualkan untuk mendapat vaksin perdana datang semua.

Nanun dari 10 orang itu ada satu orang yang harus ditunda pemberian vaksin karena tidak lolos kriteria saat dilakukan skrining.

Satu orang yang harus ditunda pemberian vaksin karena tidak lolos skrining, yaitu, perwakilan dari NU.

“Satu orang perwakilan dari NU harus ditunda pemberian vaksin karena tidak lolos skrining,” kata Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Blitar, Muchlis, kepada awak media, Sabtu 30-01-2021.

Menurut Muchlis, bahwa proses pemberian vaksin dimulai dari meja pendaftaran, skrining, meja vaksin, dan setelah itu dilakukan observasi.

“Setelah diberi vaksin dilakukan observasi selama 30 menit. Kalau tidak ada gejala, baru diperbolehkan pulang,” ungkapnya.

Selanjutnya Muchlis menerangkan bahwa, setelah vaksin perdana ini, pemberian vaksin selanjutnya akan dilanjutkan kepada para tenaga kesehatan dan tenaga fasilitas kesehatan yang menangani covid-19.

“Sasaran pertama tenaga kesehatan, kemudian TNI dan Polri, PNS, baru kepada warga masyarakat,” jlentrehnya.

Sementara Wali Kota Blitar, Santoso, mengatakan bahwa target pemberian vaksin tahap pertama kepada tenaga kesehatan dijadual selesai pada akhir bulan Pebruari 2021 mendatang. Dan pihaknya juga berharap agar ada penambahan kuota vaksin dari Pemerintah Pusat untuk Pemeritah Kota Blitar.

“Pemberian vaksin ini untuk membentuk daya imun kelompok. Semakin banyak yang mendapat vaksin, daya imun semakin baik sehingga tingkat penularan rendah,” terangnya.

Sebelumnya telah diberitakan bahwa, Dinkes Kota Blitar telah mendapat kiriman vaksin covid-19 sebanyak 1.240 dosis vaksin Sinovac dari Dinkes Provinsi Jawa Timur, pada Selasa 26 Januari 2021.

Data Dinkes ada 2.345 orang tenaga kesehatan di Kota Blitar yang menjadi sasaran pertama menerima vaksin covid-19. Dan pelaksanaan vaksin, dilakukan di 11 fasilitas kesehatan di Kota Blitar.

Sebelas fasilitas kesehatan itu terdiri dari tiga Puskesmas, tiga Klinik, dan lima Rumah Sakit. (Eko.B) 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *