Hujan Deras Disertai Angin Kencang, Membuat Pohon Roboh Menimpa Beberapa Rumah di Kota Blitar

Petugas sedang mengevakuasi pohon Pule yang tumbang.

Blitar, Infobanua.co.id – Pohon Pule dengan diameter sekitar dua meter, roboh menimpa tiga bangunan rumah warga, di jalan Sambas, Kelurahan Bendo, Kecamatan Kepanjenkidul, Kota Blitar. Karena hujan deras disertai angin kencang, menerjang Kota Blitar, Minggu 31-01-2021 siang.

Tiga bangunan rumah yang tertimpa batang pohon Pule tersebut adalah rumah milik, Yayuk Muji Rahayu, Wiyono, dan Untung. Dan kerusakan bangunan paling parah terjadi pada rumah milik Yayuk Muji Rahayu.

Hampir seluruh atap rumah milik Yayuk hancur tertimpa batang pohon Pule tersebut. Sebab posisi rumah Yayuk paling dekat dengan pohon yang tumbang itu.

“Khususnya bangunan dapur hancur baik dinding dan atapnya. Sebagian atap rumah juga hancur,” kata Yayuk.

Menurut Yayuk bahwa sebelum pohon itu tumbang, hujan deras disertai angin kencang mengguyur lokasi rumahnya. Dan saat itu, Yayuk berada di rumah bersama suami dan anaknya.

Yayuk sudah merasa was-was saat terjadi hujan deras disertai angin kencang. Dia bersama suami dan anaknya berada di ruang tamu.

“Saat mendengar suara retakan seperti batang patah, kami bersama suami dan anak lari ke teras rumah. Kondisinya masih hujan deras,” jlentrehnya.

Masih menurut Yayuk, tidak lama kemudian terdengar benturan keras di rumahnya.

Rupanya pohon Pule yang berada di samping rumahnya tumbang menimpa bangunan rumah miliknya.

Sementara Kapolsek Kepanjenkidul, Kompol Agus Fauzi, mengatakan bahwa, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa pohon tumbang, dan kejadian pohon tumbang hanya menyebabkan kerugian material.

“Polisi masih mendata kerugian material yang dialami korban,” kata Kapolsek Kepanjenkidul, Kompol Agus Fauzi.

Menurut Agus, bahwa ada tiga rumah milik warga yang tertimpa pohon Pule. Kini anggotanya masih mendata kerugiannya. Dan pihaknya juga telah berkoordinasi dengan PBD terkait bantuan untuk para korban ini.

Selanjutnya Agus menerangkan bahwa, Polisi bersama PBD dan warga sudah membersihkan pohon tumbang di lokasi.

“Untuk sementara pemilik rumah mengungsi ke rumah saudaranya,” pungkasnya.