Akibat Angin Kencang di Kota Blitar, Menimbulkan Kerugian Rp.37 juta

  • Whatsapp

Blitar, infobanua.co.id – Akibat hujan lebat disertai dengan angin kencang yang memporakporandakan Kota Blitar pada Minngu 31-01-2021 siang, mengakibatkan kerugian material sebesar Rp.37 juta.

Kepala Bakesbangpol dan PBD Kota Blitar, Hakim Sisworo, mengatakan bahwa, nilai kerugian material akibat bencana angin kencang di Kota Blitar mencapai Rp 37 juta.

“Bakesbangpol dan Penanggulangan Bencana Daerah (PBD) Kota Blitar mencatat ada enam lokasi pohon tumbang akibat angin kencang itu,” kata Kepala Bakesbangpol dan PBD Kota Blitar, Hakim Sisworo, kepada awak media, Senin 01-02-2021.

Menurut Hakum, bahwa pohon tumbang di beberapa titik itu menimpa bangunan rumah, pagar, teras, dan mobil milik warga.

Data Bakesbangpol dan PBD Kota Blitar menyebutkan jika ada enam titik pohon tumbang terjadi di jalan Sambas, jalan Kalimantan, jalan Sudancho Soeprijadi, jalan Cokroningrat, jalan Joko Kandung, dan jalan Brigjen Katamso, Kota Blitar.

Pohon tumbang di jalan Sambas menimpa tiga bangunan rumah warga dengan nilai kerugian ditaksir sekitar Rp 35 juta.

Pohon tumbang di jalan Sudancho Soeprijadi menimpa mobil dengan nilai kerugian sekitar Rp 01 juta. Di jalan Cokroningrat menimpa teras rumah warga dan merusak jaringan kabel telepon dan PJU dengan nilai kerugian sekitar Rp 01 juta.

Kemudian pohon tumbang di jalan Kalimantan, jalan Brigjen Katamso, dan jalan Joko Kandung juga menimpa teras dan pagar.

Kerusakan paling parah akibat pohon tumbang berada di jalan Sambas, Kelurahan Bendo, Kecamatan Kepanjenkidul, Kota Blitar.

“Karena ada tiga rumah milik warga yang tertimpa batang pohon Pule yang tumbang diterjang angin kencang,” jlentrehnya.

Selanjutnya Hakim menjelaskan bahwa, Pemerintah Kota Blitar akan membantu pembangunan rumah yang mengalami kerusakan parah.

“Pembangunan rumah yang rusak akibat angin kencang akan dilakukan oleh Dinas Perumahan Rakyat Kota Blitar,” pungkasnya.

Sebelumnya telah diberitakan bahwa, Hujan deras disertai angin kencang terjadi di wilayah Kota Blitar, Minggu 31 Januari 2021 siang.

Angin kencang membuat pohon Pule tumbang menimpa tiga rumah warga Kelurahan Bendo, Kecamatan Kepanjenkidul, Kota Blitar.(Eko.B).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *