Pencegahan Banjir Hidupkan Guntung Agar Air Bisa Mengalir

  • Whatsapp

Banjarbaru, infobanua.co.id – Langkah pencegahan banjir adalah dengan menghidupkan guntung-guntung agar air bisa mengalir nantinya, dan hal yang harus dilakukan pasca banjir adalah menangani berbagai macam infrastruktur yang hancur, pertanian dan perikanan yang hancur akibat terkena dampak banjir.

Hal tersebut dikatakan Sekretaris Kota Banjarbaru Drs H Said Abdullah MSi dalam menyampaikan dalam Rapat Koordinasi SKPD Lingkup Pemerintah Kota Banjarbaru Bulan Febuari Tahun 2021, Senin (1/2/2021) di Aula Gawi Pemerintah Kota Banjarbaru. Wali Kota Banjarbaru H Darmawan Jaya Setiawan didampingi Sekretaris Daerah Kota Banjarbaru Drs H Said Abdullah serta seluruh Asisten, Staf Ahli, Inspektur, Kepala SKPD, Seluruh Kabag Setdako dan Camat se Kota Banjarbaru.

Menurutnya, untuk itu Dinas Perumahan dan Permukiman diminta memantau wilayah yang rawan banjir maupun rawan tergenang, diperlukan juga tim penebang pohon yang tumbang dan menyediakan tandon air bersih.

“Hasil evaluasi dari penangan banjir kemaren adalah kalau kita kekurangan tenaga manusia dalam memasak di posko pengungsian maka pergunakanlah tenaga mereka (pengungsi) karena tidak semua dari mereka kelelahan dan itu tentu sangat membatu,” katanya.

Sementara, Wali Kota Banjarbaru H Darmawan Jaya Setiawan menyampaikan, bahwa pelayanan Pemerintah Kota Banjarbaru dalam menangani musibah bencana banjir itu sangat baik dan terfokus kepada pengungsi dari luar daerah tidak hanya untuk warga Banjarbaru saja tetapi untuk para pengungsi dari daerah tetangga yang terdampak musibah banjir.

“Dalam penanganan pasca banjir diperlukan rekonstruksi dan rehabilitasi terhadap rumah warga, infrasturktur dan sebagainya yang rusak akibat banjir. Mulai hari ini kita akan memberlakukan PPKM di Kota Banjarbaru,” jelas H Darmawan Jaya.

Saat Rapat Koordinasi SKPD juga disampaikan kewajiban Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) oleh Wajib LHKPN dilingkungan Pemerintah Kota Banjarbaru tahun 2020 oleh Kepala BKPP Kota Banjarbaru. Kendala penatausahaan pengeluaran keuangan daerah SIPD dan Progres Laporan Keuangan yang disampaikan Kepala BPKAD Kota Banjarbaru.

Yus/IB

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *