Tekan Kluster Keluaga covid-19 Petugas Gabungan Kab.Blitar, proaktif Melakukan Penjemputan

  • Whatsapp
Kapolres Blitar, AKBP Leonard M Sinambela.

Blitar, Infobanua.co.id –Petugas Gabungan Penanganan covid-19, yang terdiri dari Polri,TNI dan Satpol PP Kabupaten Blitar, selalu proaktif melakukan penjemputan pasien positif covid-19 yang sedang melakukan isolasi mandiri dengan fasilitas yang kurang mendukung.

Kapolres Blitar, AKBP Leonard M Sinambela, mengatakan bahwa, upaya membantu dalam penanganan covid-19 terus dilakukan. Utamanya, mencegah kluster keluarga yang berdasarkan analisa jumlahnya semakin naik.

“Sekarang kapasitas rumah karantina sudah penuh dan masih dalam proses penambahan kapasitas. Sedangkan persoalannya, kasus covid-19 tanpa gejala juga semakin banyak, yang akhirnya mereka melakukan isolasi mandiri di rumah,” kata Kapolres Blitar, AKBP Leonard M Sinambela, kepada awak media, Senin 01-02-2021.

Menurut Leonard, untuk itu, pihaknya bersama TNI dan Satpol PP, berupaya membantu Satgas untuk mengurangi dan menekan kluster keluarga, dengan cara memfungsikan kembali Rumah Isolasi Desa dan Kampung Tangguh.

“Kami memindahkan pasien tanpa gejala agar lebih mudah diperiksa dan untuk menekan penularan ke anggota keluarga lain, sehingga tidak menimbulkan kluster keluarga. dan ini sudah berjalan di beberapa Desa,” jlentrehnya.

Selanjutnya Leonard menerangkan bahwa, pasien yang dinyatakan positif covid-19 harus mau untuk dievakuasi ke rumah isolasi. Kecuali dalam satu keluarga memang statusnya positif semua, maka isolasi mandiri boleh dilakukan dengan pengawasan ketat.

Tentunya, rumah isolasi yang disiapkan Pemerintah sudah dirancang sedemikian rupa dan akan diperiksa oleh dokter dan petugas puskesmas setiap harinya. Sehingga tidak perlu dikhawatirkan.

“Dengan harapann ke depannya nanti bisa mengendalikan kasus covid-19 di Kabupaten Blitar,” jlentrehnya. (Eko.B). 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *