RTH di Kanigoro Blitar Segera Dibangun Tahun Ini

  • Whatsapp
Sekretaris Komisi III DPRD Kabupaten Blitar, Panoto.

Blitar, Infobanua.co.id – DPRD Kabupaten Blitar, mendukung langkah Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blitar yang akan membangun Ruang Terbuka Hijau (RTH) di Kecamatan Kanigoro.

Karena pembangunan RTH ini merupakan bagian dari pembangunan Kanigoro sebagai Ibu Kota Kabupaten Blitar.

Pembangunan taman kota Kanigoro untuk RTH di Kecamatan Kanigoro akan dilaksanakan pada tahun ini oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Blitar. Dengan anggaran senilai Rp 9,5 Miliar yang telah disiapkan oleh Pemkab Blitar melalui APBD TH 2021.

“Kami dari Komisi III sudah dua kali menggelar Rapat Kerja (Raker) dengan DLH,” kata Sekretaris Komisi III DPRD Kabupaten Blitar, Panoto, kepada awak media, Selasa 02-02-2821.

Menurut Panoto, bahwa dalam rapat kerja tersebut, DLH memberikan paparan Detail Engenering Desain (DED) atau perencanaan pembangunan RTH Kanigoro.

“Dari rapat kerja itu telah memberikan beberapa masukan kepada DLH. Diantaranya, terkait lampu penerangan di RTH dan pemenuhan fasilitas umum. Kami juga menyarankan agar keberadaan RTH juga memperhatikan lingkungan di sekitarnya,” jlentrehnya.

Disinggung tentang kekumuhan di sekitar taman. Pihaknya menerangkan bahwa, Dewan juga telah memberi masukan hal itu, sehingga nantinya tidak ada perubahan perencanaan di tengah perjalanan pembangunan.

Lebih lanjut Panoto menjelaskan bahwa, secara keseluruhan banyak saran dan masukan yang disampaikan DPRD kepada DLH Kabupaten Blitar.

Banyaknya saran ini agar ketika nanti RTH selesai dibangun benar-benar bisa bermanfaat bagi warga masyarakat.

“Banyaknya masukan yang diberikan, membuat anggaran yang dialokasikan dinilai tidak mencukupi. Sehingga disepakati untuk dibuat skala prioritas untuk pemenuhan fasilitas umum. Seperti musala disertai tempat wudu, kemudian toilet, dan lain-lain. Sehingga ketika taman itu jadi bisa dimanfaatkan oleh warga masyarakat, sudah sangat representatif, baik dari sisi kenyamanan, keamanan, dan keindahan,” pungkasnya. (Eko.B) 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *