Meminimalisir Penyebaran covid-19 Pemkab.Blitar Gencarkan 3T

  • Whatsapp

Blitar, Infobanua.co.id – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blitar, dalam hal ini Dinas Kesehatan Kabupaten Blitar, menginformasikan jika selain kluster keluarga, penyebaran covid-19 di Kabupaten Blitar, juga merambah ke lingkungan Pondok Pesantren (Ponpes).

Juru Bicara Satgas Penanganan covid-19 Kabupaten Blitar, Krisna Yekti, mengatakan bahwa, saat ini ada 36 orang Santri yang diisolasi di Pesantren Tangguh. Jumlah ini belum termasuk yang dirawat di rumah sakit rujukan karena bergejala serta yang melakukan isolasi mandiri di rumah masing-masing.

“Setiap hari kami mencatat data kasus positif baru di lingkungan Ponpes. Kondisi ini membuat kami terus meningkatkan upaya pencegahan dengan penyebaran covid-19 dengan melalukan Testing, Tracing dan Treatment (3T),” kata Juru Bicara Satgas Penanganan covid-19 Kabupaten Blitar, Krisna Yekti, kepada awak media, Rabu 03-02-2021.

Menurut Krisna, Testing dilakukan dengan menyasar sejumlah Ponpes untuk menekan dan mencegah penularan. Salah satu Ponpes yang menjadi sasaran Testing yaitu Ponpes Al Aqso di Desa Jatitengah, Kecamatan Selopuro, Kabupaten Blitar. Seluruh santri dan pengasuh di Ponpes tersebut ditest dengan Swab PCR dan Rapid Test.

“Testing dan Tracing ini adalah upaya kami untuk memutus mata rantai penularan covid-19. Kami juga meminta kepada pihak Ponpes agar membentuk satgas internal yang tugasnya mengawasi pelaksanaan protokol kesehatan di dalam area Ponpes. Dan Satgas internal ini dibantu oleh petugas Puskesmas di wilayah masing-masing,” jlentrehnya.

Lebih lanjut Krisna menjelaskan, jika pihaknya telah menginstruksikan kepada Puskesmas yang di wilayahnya terdapat Pondok Pesantren untuk terus memantau kondisi lingkungan Pondok.

“Pemantauan ini tentunya dengan dibantu oleh Satgas internal dari masing-masing Ponpes. Jadi ketika ada yang bergejala langsung lapor ke petugas Puskesmas untuk segera ditindaklanjuti,” ungkapnya.

Sementara ditempat terpisah Kapolres Blitar AKBP Leonard M Sinambela, mengatakan bahwa, seiring dengan upaya yang dilakukan Pemerintah, Polri dan TNI akan ikut melakukan asistensi kepatuhan protokol kesehatan di lingkungan Ponpes. Karena peran aktif TNI-Polri diharapkan dapat mencegah dan meminimalisir penyabaran covid-19.

“Kedisiplinan Protokol Kesehatan, Screening serta 3T menjadi kunci pencegahan penularan covid-19,” kata Kapolres Blitar AKBP Leonard M Sinambela.

Menurut Leonard, Satgas akan memastikan seluruh penghuni bisa dilakukan testing untuk upaya pencegahan dan tracing kalau ada kasus konfirmasi positif.

“Setelah testing dan tracing, selanjutnya akan dirumuskan penanganan lebih lanjut,” pungkasnya. (Eko.B).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *