Dinas Pertanian Balangan akan salurkan 440 Kg Kepada Petani

  • Whatsapp
Kadis Pertanian Balangan, Rahmadi

BALANGAN – Pasca banjir, Dinas Pertanian Kabupaten Balangan akan salurkan bantuan benih padi kepada para petani yang sebelumnya terdampak banjir di Kabupaten Balangan, Rabu (03/02).

Hal tersebut dikatakan oleh, Kepala Dinas Pertanian Balangan, Rahmadi mengatakan, bahwa akan ada bantuan benih padi kepada para petani yang sebelumnya terdampak banjir.

Sebelumnya, berdasarkan data dan laporan awal dari Dinas Pertanian Kabupaten Balangan sekitar 2.600 hektar lebih sawah terendam, namun setelah dilakukan laporan secara rinci oleh Balai Penyuluh Pertanian (BPP) dari masing-masing kecamatan hanya sekitar 556 hektar persawahan yang benar-benar terdampak banjir.

“Dari 2.600 hektar lebih lahan tersebut memang terjadi banjir, cuma airnya sekedar lewat saja, setelah kami data ternyata sebanyak 556 hektar persawahan yang benar-benar terdampak banjir,” jelasnya

Untuk itu, pihaknya mengaku akan memberikan bantuan benih padi yang merupakan cadangan dari Balai Benih Hamparaya yang saat ini totalnya di balai tersebut ada sekitar 440 kilogram benih padi.

“Bantuan dari inisiatif Dinas Pertanian dalam memberikan petani benih padi, sementara ini ada 440 kilogram benih padi yang akan disalurkan,” terangnya.

Bantuan tersebut, telah diserahkan secara simbolis, dan rencananya mulai disalurkan pada Selasa mendatang, ke Kecamatan Lampihong tepatnya di Desa Batu Merah, tapi nanti mungkin penyalurannya akan dibagikan ke beberapa desa.

Walau bantuan tersebut masih kurang dari keperluan, tapi untuk selebihnya, pihaknya nanti akan menunggu bantuan dari provinsi atau pusat atau dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah ( APBD), untuk sementara hanya ada sekitar 440 kilogram bantuan benih padi yang kita miliki di Cadangan Balai benih hamparaya.

“Untuk persyaratan tidak ada, yang jelas mereka yang telah melakukan persemaian dan persemaiannya itu rusak, artinya akan kita ganti, cuma pergantiannya ini secara bertahap,” pungkasnya. (Adv/syn/Blg)✓

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *