Kebijakan Kementerian Pertanian Harus Berfokus ke Tanaman Pangan

  • Whatsapp

Jakarta, infobanua.co.id – Anggota DPR RI Komisi IV Bambang Purwanto meminta Kementerian Pertanian di harapkan untuk serius menangani para petani,karena kecenderungan saat ini secara pelan pelan petani tanaman pangan bergeser ke sektor perkebunan.

Pergeseran ini di karenakan perbedaan tingkat kesejahteraan para petani tanaman pangan masih di bawah Perkebunan kata Bambang Purwanto saat Rapat Dengar Pendapat Komisi IV DPR RI dengan Sekjen Kementan,di ruang rapat Komisi IV DPR,Rabu (3/2/2021).

“Kalau Kementan tidak serius menangani pertanian,saat ini para petani pelan pelan bergeser ke perkebunan,karena petani membandingkan kesejahteraannya dengan perkebunan,lebih sejahtera yang di perkebunan”,kata Bambang Purwanto.

Meskipun Undang Undang telah mengatur dan melarang keras alih fungsi lahan dari lahan pertanian ke Perkebunan,namun pergeseran petani dari pertanian tanaman pangan ke perkebunan masih terjadi, akibat kebutuhan hidup yg lebih baik.”,kata Legislator Partai Demokrat Asal Daerah Pemilihan Provinsi Kalimantan Tengah tersebut.

Perhatian yang serius dari Kementan untuk dapat meningkatkan kesejahteraan para petani menjadi salah satu kunci utama untuk dapat menahan laju pergeseran perpindahan para petani tanaman pangan ke sektor perkebunan.

“Oleh karena itu kebijakan Kementan harus berfokus ketanaman pangan,pungkas Bambang Purwanto.

indra

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *