Atasi Banjir, PUPR Kota Blitar Anggarkan Perbaikan Saluran Drainase Rp.1,9 Miliar

  • Whatsapp
Pengendara sepeda motor nekad menerobos banjir di jalan Mastrip Kota Blitar, Kamis 04-02-2021 sore.

Blitar, Infobanua.co.id – Hampir setiap hari Kota Blitar diguyur hujan lebat, sehingga mengakibatkan beberapa ruas jalan protokol menjadi langganan banjir.

Pemerintah Kota (Pemkot) Blitar, melalui Dinas PUPR Kota Blitar, menyatakan jika untuk mengatasi banjir yang sering terjadi di Kota Blitar, pihaknya akan memperbaiki saluran drainase utamanya di jalan Mastrip, jalan Anggrek, jalan Wilis, dan jalan Kaca Piring, Kota Blitar, sementara menjadi prioritas pengerjaan pada tahun 2021 ini karena jalan tersebut menjadi langganan banjir.

Sekretaris Dinas PUPR Kota Blitar, Dindin Ali Nurdin, mengatakan bahwa, tahun 2021 ini pihaknya sudah merencanakan untuk memperbaiki beberapa saluran drainase di Kota Blitar, diantaranya di jalan Mastrip, jalan Anggrek, jalan Wilis, dan Jalan Kaca Piring, Kota Blitar.

“Saluran di empat lokasi itu tidak dapat menampung volume air besar ketika curah hujan tinggi, sehingga meluap ke ruas jalan,” kata Sekretaris Dinas PUPR Kota Blitar, Dindin Ali Nurdin, kepada awak media, Jum’at 05-02-2021.

Menurut Didin, bahwa pihaknya juga akan melibatkan Himpunan Petani Pemakai Air (HIPPA) berkoordinasi untuk menentukan besar kecilnya debit air di tiap saluran yang melewati Kota.

“Selain itu, kami juga akan menormalisasi drainase yang tersumbat tumpukan sampah, penyebab terjadinya genangan air itu,” jlentrehnya.

Selanjutnya Didin meminta kepada warga masyarakat agar ikut menjaga saluran drainase, dengan tidak membuang sampah sembarangan.

Disinggung berapa anggaran yang telah disiapkan untuk pembangunan drainase. Didin mengatakan jika besaran anggaran perbaikan saluran drainase itu sekitar Rp.1,9 Miliar.

“Anggaran untuk perbaikan drainase itu telah kami anggarkan Rp.1,9 Miliar,” pungkasnya. (Eko.B).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *