Eazy Passport Kantor Imigrasi Banjarmasin Hadir di Tabalong, Calhaj Ini Tak Lagi Repot Urus Paspor

  • Whatsapp

TANJUNG – Layanan eazy passport yang dilakukan Kantor Imigrasi Kelas I TPI Banjarmasin di Kemenag Tabalong, sangat disyukuri calon jamaah haji yang mendapatkan pelayanan.

Soalnya, dengan adanya layanan ini mereka tidak lagi harus repot-repot mengurus ke luar wilayah Tabalong untuk membuat pasport.

Seperti diakui Husnan Budiman (34), warga Tanjung, yang menjadi salah seorang peserta dari layanan eazy passport ini.

“Alhamdulillah difasilitasi Kementerian Agama Tabalong dikomunikasikan ke Kantor Imigrasi Banjarmasin,” katanya.

Sehingga dirinya yang menjadi calon jamaah haji karena menggantikan ayahnya yang meninggal dunia, tidak lagi harus jauh-jauh mengurus pasport ke Imigrasi yang ada di Tapin.

Terlebih dirinya punya pengalaman saat ayahnya dulu mengurus pasport harus berangkat ke Barabai, HST, karena dulu layanan Imigrasi ada di sana.

Dimana waktu itu ada kejadian berkas yang ketinggalan sehingga sempat kerepotan karena lokasi yang jauh dari Tabalong.

Apalagi sekarang ini mengurusnya harus ke Rantau tidak lagi ke Barabai, maka imbuhnya, tentu memerlukan waktu, tenaga dan biaya.

“Terlebih calon jamaah haji banyak yang sudah berumur dan masa pandemi seperti sekarang,” katanya

Sehingga adanya layanan eazy passport yang dilaksanakan Imigrasi Banjarmasin di Kemenag Tabalong, imbuhnya, sangat membantu sekali bagi calon jamaah.

“Jadi kami sangat berterimakasih dengan adanya kerjasama Kantor Imigrasi Banjarmasin dengan Kementerian Agama Tabalong yang telah memfasilitasi kami calon jamaah haji untuk dapat melakukan pemberkasan dan perekaman pasport,” katanya.

Terpisah, Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kantor Kemenag Tabalong, H Husni Tamrin, menjelaskan, kegiatan ini dilakukan untuk memfasilitasi pembuatan pasport di tempat bagi 15 calon jamaah haji.

“Pihak Imigrasi Banjarmasin datang ke sini sehingga mempermudah jamaah haji dalam pembuatan pasport,”katanya.

Nantinya apabila pasport sudah selesai dicetak, calon jamaah juga tidak perlu repot ke Banjarmasin, karena pihaknya yang akan mengambilkan ke Kantor Imigrasi Banjarmasin.

Untuk 15 calon jamaah haji yang mendapat layanan merupakan mereka yang masuk data tambahan dari calon jamaah sebelumnya.

Mereka ada yang karena menggantikan ahli waris sehingga harus membuat pasport baru dan juga ada yang karena pasportnya harus diperpanjang.

“Ini masuk calon jamaah haji tahun 1441 H, jadi ada yang buat pasport baru dan perpanjangan,” katanya.

Layanan eazy pasport ini sudah kedua kalinya dilakukan di Kemenag Tabalong dan bisa berjalan dengan lancar.

Sumber: banjarmasin.tribunnews.com 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *