Teknologi Informasi, Miliki Peranan Penting Dalam Kampanye Anti Narkoba

  • Whatsapp
S. Enggo Widodo Kepala Bidang (Kabid), Pengelolaan Informasi dan Saluran Komunikasi Publik (PISKP) Dinas Kominfo Kabupaten Balangan

Balangan – Peranan teknologi informasi dalam bidang komunikasi sangatlah besar, karena dalam adanya informasi yang mendukung, akan terciptalah komunikasi yang efektif, dan dengan adanya kemajuan dari kedua bidang tersebut maka akan majulah suatu pembangunan.

Selain memiliki peranan dalam pembangunan, pemanfaatan teknologi komunikasi dalam rangka penyebaran informasi dalam pencegahan, dan juga pemberantasan peredaran gelap narkoba, maupun penyalahgunaan narkotika, tentu sangat penting.

 

Hal tersebutlah yang diungkapkan oleh, S. Enggo Widodo, Kepala Bidang (Kabid), Pengelolaan Informasi dan Saluran Komunikasi Publik (PISKP) Dinas Kominfo Kabupaten Balangan, dalam kegiatan yang dilaksanakan, Badan Narkoba Nasional Kabupaten (BNNK) Balangan yang bertemakan informasi dan edukasi melalui talkshow secara tatap muka dalam rangka pembentukan teman sebaya tanpa tanpa Narkoba pada milenial (kaum muda).di Aula Hotel Mulia, Paringin, Kamis (04/02/21).

 

“Hal ini mengingat, saat ini kita hampir tidak bisa dilepaskan dari apa yang namanya teknologi komunikasi untuk kepentingan kita hampir di seluruh sendi kehidupan. Hal itu tentu saja untuk pemanfaatan teknologi komunikasi bisa memiliki peran yang sangat krusial, salah satunya adalah, kita mengkampanyekan tentang hal-hal yang bisa kita tampilkan, terkait bagaimana caranya menghindari masalah dari penggunaan narkotika,” ucapnya.

 

Tentunya, kita bisa tampilkan bagaimana caranya kita untuk meningkatkan kesadaran seluruh lapisan masyarakat, seluruh lapisan yang terlibat dan terkait, melalui media-media yang ada, seperti halnya media elektronik media sosial yang memang akrab dengan dunia kita.

“Ini tentu saja diharapkan kita semua, bijak dalam memanfaatkannya, supaya bisa bermanfaat secara positif dan berkontribusi positif terhadap kehidupan kita,” katanya.

Teknologi komunikasi adalah sebuah perangkat atau sebuah teknologi yang bebas nila tergantung bagaimana kita memanfaatkannya, untuk hal yang positif atau hal yang negatif, semuanya ada pilihannya yang ada di diri kita.

Ia mengungkapkan, dalam kesempatan tersebut pula, ia memberikan materi lebih ke arah ke pemahaman tentang teknologi komunikasi itu sendiri.

“Tentang manfaatnya untuk kehidupan kita secara umum dan juga bagaimana kita menggunakannya mengkampanyekan tentang bahayanya penyalahgunaan narkotika dan juga bagaimana kita memanfaatkannya untuk membangun jaringan atau relasi, agar kita membentengi diri kita dan komunitas kita dari bahaya narkotika,” pungkasnya.

Dikatakan Kepala BNNK Balangan, AKBP Katamsi, melalui penyuluhan muda, BNNK Balangan, Iwan Rasoully mengatakan bahwa, kegiatan ini, adalah bentuk pelaksanaan dari program pemerintah untuk melibatkan mallineal, untuk menyebarluaskan sosialisasi P4GN di sosial Media.

“Karena ini merupakan dari pemerintah maka kami melanjutkan dengan mengundang milenial-milenial melalui komunitas yang ada di Balangan. Ini merupakan kegiatan yang kedua kalinya atau yang terakhir di tahun ini, karena anggaran kegiatan ini hanya dua kali,” ungkap Iwan.

 

 

Sementara itu menurut Rian, salah satu peserta dari pramuka mengatakan, diri merasa banyak sekali mendapatkan ilmu dari kegiatan ini.

“Terlebih terkait, Narkoba dan Teknologi informasi. Kami berharap kami bisa mengikuti kegiatan serupa,” ungkapnya.

Karena menurut dia, kegiatan ini mampu membentengi kita dari penyalahgunaan narkoba serta ajakan orang supaya kita menggunakan narkoba. (Adv/Balangan/syn).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *