Sembilan Orang Dinyatakan Reaktif, Saat Rapid Test Massal Dilakukan di Pasar Legi Kota Blitar

Juru Bicara Satgas covid-19 Kota Blitar, M Muchlis.

Blitar, infobanua.co.id – Untuk memutus penyebaran Corona Virus Disease-2019 atau covid-19, Satuan Gugus Tugas Percepatan Penanganan covid-19 Kota Blitar menggelar rapid test massal kepada para pedagang dan pengunjung di pasar tradisional Pasar Legi, Kota Blitar, Sabtu 06-02-2021.

Juru Bicara Satgas covid-19 Kota Blitar, M Muchlis, mengatakan bahwa, dari 59 orang yang menjalani rapid test, sembilan di antaranya dinyatakan reaktif. Sembilan orang yang dinyatakan reaktif tersebut akan menjalani skrining lanjutan yaitu test swab.

“Sembilan orang yang dinyatakan reaktif dalam rapid test akan menjalani test swab besok,” kata Juru Bicara Satgas covid-19 Kota Blitar, M Muchlis.

Menurut Muchlis, bahwa kegiatan skrining melalui rapid test massal itu sebagai upaya pencegahan penyebaran covid-19 di Kota Blitar. Dan Satgas memilih melakukan rapid test massal di pasar tradisional karena menjadi salah satu tempat yang rawan penyebaran covid-19. Karena aktivitas masyarakat di pasar tradisional cukup tinggi.

Dan rapid test massal ini dilakukan kepada para pedagang, petugas pasar, dan para pengunjung pasar.

“Kami pikir baik pedagang maupun warga masyarakat masih enggan mengikuti rapid test. Padahal ini sebagai deteksi dini mereka terpapar covid-19 apa tidak,” jlentrehnya.

Selanjutnya Muchlis menerangkan bahwa, Satgas masih akan menggelar rapid test massal lagi di Pasar Templek, Minggu 07 Januari 2021 besuk pagi.

“Besok kami akan lakukan rapid test massal di Pasar Templek, pasar tradisional kedua yang cukup ramai di Kota Blitar,” ungkapnya.

Masih menurut Muchlis, selain rapid test massal, Satgas juga akan melakukan operasi yustisi di Pasar Legi.

Satgas yang terdiri dari Polri, TNI, dan Satpol PP memberikan himbauan terkait penerapan protokol kesehatan untuk memutus rantai penyebaran covid-19 kepada warga masyarakat.

Sementara Kapolres Blitar Kota, AKBP Yudhi Hery Setiawan, mengatakan bahwa, dalam kegiatan itu, petugas juga melakukan penyemprotan cairan disinfektan dan pembagian masker kepada para pedagang dan pengunjung di Pasar Legi.

“Kami berharap agar warga masyarakat tetap disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan di mana saja, yakni wajib pakai masker, cuci tangan, dan menjaga jarak,” pungkasnya. (Eko.B).