Bantuan Benih Padi, Gubernur Kalsel, Tiba Di Balangan,

  • Whatsapp

Balangan, infobanua.co.id – Kepala Dinas (Kadis) Pertanian Kabupaten Balangan, temani Kadis Pertanian Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) menyalurkan bantuan dari Gubernur Kalsel, berupa lima ton bibit padi kepada petani terdampak, yang dilaksanakan di Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Lampihong, Selasa (09/02/21).

Dalam kesempatan tersebut, Kadis Pertanian Provinsi Kalsel, Syamsir Rahman, menyampaikan, bantuan yang ia serahkan tersebut merupakan, bantuan dari Gubernur Kalsel (H Sahbirin Noor), yang berupa benih padi, bagi para petani, yang terdampak karena banjir.

“Terutama untuk yang gagal tanam dan gagal panen, selain padi juga diberikan benih jagung dari gubernur, bantuan dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Provinsi Kalimantan Selatan,” ucapnya.

Dilanjutkan dia, dari pada yang terdampak hampir 200 hektar, kalau dihitung kita kehilangan sekitar 800 ton, dan sebanyak itulah benih yang bantu oleh, gubernur.

Ia berharap kepada para petani, agar segera melakukan penanaman karena masih ada waktu, dan karena masih ada musim hujan, sehingga akhir Mie kita bisa panen.

“Jadi kita berharap kepada para petani, harus penuh semangat sesuai dengan arahan dari gubernur, tanam panen, tanam panen, tanam panen, tanam panen, tanam panen, panen terus sampai akhir hayat,” kata dia.

“Sehingga kita kawal para petani kita, jangan kita biarkan petani kita, kasihan para petani kita, apabila sendirian tetapi syukur Alhamdulillah seperti yang disampaikan Kadis Pertanian Kabupaten Balangan, secepat kilat bantuan yang diminta oleh para petani, oleh karena doa para petani, kami secepat kilat memberikan bantuan, hanya dengan hitungan hari, apa yang dibutuhkan, segera sampai apa yang dibutuhkan,” tambahnya.

Sebanyak 5 ton benih padi yang telah disiapkan oleh pemerintah, sehingga ia mengajak agar bersama-sama, ke depan membangkitkan sektor pertanian, karena menurutnya petani lah ujung tombak saat ini.

“Seperti halnya Covid-19 saat ini, ketika sektor lain tenggelam pertanian kita mampu tumbuh hingga 21 persen, itu semua karena para petani. Karena para petani lah yang menjaga ketahanan pangan kita, khususnya di Kabupaten Balangan, tetap terus bekerja dan berkarya semoga ada berkah dari Allah,” pungkasnya.

Sementara itu, Kadis pertanian Rahmadi Ou’en, sangat berterimakasih atas bantuan yang diberikan untuk para petani, yang mana dihitung sekitar 200 lahan pertanian yang rusak.

“Nah ini benih padi dan benih jagung, sesuai dengan laporan kita ketika rapat koordinasi kita minta kepada Provinsi Kalsel agar bisa membantu para petani-petani kita yang terdampak banjir, Alhamdulillah kita juga tidak mem prediksi begitu cepat nya, akhir nya pada hari ini,” ungkapnya.

Sebelumnya pihaknya terlebih dahulu ingin menyerahkan bantuan sebanyak 440 kg benih dari Balai Benih Kabupaten Balangan, namun akhirnya bertambah menjadi 5 ton benih yang disalurkan,

Ia berharap agar benih ini secepat mungkin untuk ditanam, karena jadwa penanaman sangat pendek. “Supaya tidak terbuang waktu kami minta kepada para petani agar secepatnya menanam lagi,” ucapnya.

Sementara itu, salah satu perwakilan dari ketua kelompok tani Karya Makmur, Desa Teluk Karya, Rujani, mengungkapkan mewakili para petani, rasa terima kasihnya atas terima kasih atas bantuan yang diberikan.

“Untuk lahan pertanian saya memiliki luas 30 hektar, yang ditanami padi dan sayur, untuk yang terdampak sekitar 10 hektar,” ungkapnya. (Syn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *