Antisipasi Banjir Kota Blitar, Embung Jatimalang dan Kali Lahar, Difungsikan

  • Whatsapp
Pengendara sepeda motor nekad menerobos banjir di jalan Mastrip Kota Blitar, Kamis 04-02-2021 sore.

Blitar, Infobanua.co.id – Pemerintah Kota (Pemkot) Blitar, melaui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Blitar, berencana memanfaatkan Embung Jatimalang dan Kali Lahar, untuk mengantisipasi banjir akibat curah hujan yang tinggi di Kota Blitar.

Sekretaris Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Blitar, Dindin Alinurdin, mengatakan bahwa, satu diantara faktor penyebab banjir di Kota Blitar merupakan kiriman air dari wilayah utara atau dari Kabupaten Blitar.

“Sering terjadi jika di Kabupaten Blitar hujan deras, meskipun di Kota Blitar tidak hujan maka terjadi genangan air atau banjir,” kata Sekretaris Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Blitar, Dindin Alinurdin, kepada awak media, Rabu 10-02-2021.

Menurut Didin, sehingga Embung Jatimalang dan Kali Lahar di Kelurahan Sentul, Kecamatan Kepanjenkidul, Kota Blitar, menjadi alternatif penampungan air skala besar, untuk mengantisipasi terjadinya banjir di Kota Blitar.

“Saat ini kami sedang menyiapkan skenario, agar kiriman air dari Utara bisa dialirkan secara optimal ke sepanjang Embung Jatimalang dan Kali Lahar. Dan kami juga akan berkoordinasi dengan Pemerintah Kabupaten Blitar,” jlentrehnya.

Untuk diketahui, bahwa dengan intensitas curah hujan yang sangat tinggi baru-baru ini mengguyur Kota Blitar, sehingga menyebabkan sejumlah ruas jalan tergenang banjir, bahkan air sampai masuk kepemukiman warga. (Eko.B).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *