Categories: Sintang

Analisa kondisi cuaca pada kejadian suara dentuman di kab Sintang dan Kapuas hulu

Sintang, Infobanua.co.id – Beredar viral laporan masyarakat terdengarnya suara dentuman misterius di Kab. Kapuas Hulu hingga Kabupaten Sintang, Provinsi Kalimantan Barat hari ini sekitar pukul 10.00 WIB. Laporan suara dentuman belakangan ini telah muncul di beberapa daerah, antara lain Buleleng (Bali), Lampung dan Malang.

Berdasarkan analisis citra satelit cuaca Himawari dan radar cuaca di Stasiun Meteorologi Susilo Sintang mengindikasikan kondisi cuaca pukul 10.00 WIB – 11.00 WIB tidak terdapat awan penghujan ataupun awan cumulonimbus yang bisa menghasilkan petir. Kondisi cuaca dominan berawan dan tidak hujan.

Analisis Radio Sonde di Stasiun Meteorologi Supadio Pontianak pada pengamatan pukul 00 UTC mengindikasikan terdapat lapisan inversi pada ketinggian 373 meter dan 885 meter. Lokasi pengamatan Radiosonde yang berjarak sekitar 300 km kemungkinan tidak mewakili kejadian inversi di lokasi terjadinya dentuman.

Hasil pengamatan gelombang seismik dari seluruh sensor gempa BMKG yang tersebar di sekitar lokasi dentuman hari ini, Kamis 11 Februari 2021 pukul 07.00 WIB sampai dengan 14.00 WIB yang mana periode waktu ini disebut-sebut oleh warga muncul suara dentuman, hasilnya menunjukkan tidak ada catatan aktivitas gempa yang terjadi di Kalimantan Barat. Sehingga dipastikan sumber suara dentuman tersebut tidak berasal dari gempa tektonik, karena jika sebuah aktivitas gempa sampai mengeluarkan bunyi ledakan, artinya kedalaman hiposenter gempa tersebut sangat dangkal, dekat permukaan, dan jika itu terjadi maka akan tercatat oleh sensor gempa.

Berdasarkan analisis di atas, belum diketahui secara pasti sumber dentuman yang terjadi. Masyarakat diharapkan tidak panik dan tidak terpancing informasi yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Untuk memperoleh informasi tentang cuaca, iklim dan gempabumi masyarakat bisa mengakses website http://kalbar.bmkg.go.id, follow Fanspage Facebook dan Instagram : @infoBMKGKalbar; atau dapat langsung menghubungi kantor BMKG terdekat. ujar Kepala Stasiun Meteorologi Kelas I Supadio Pontianak Nanang buchori ( yusri )

admin

Share
Published by
admin

Recent Posts

Bank Kalsel Serahkan 3 Printer Qris ke Samsat Banjarbaru

Banjarbaru, infobanua.co.id - Bank Kalsel menyerahkan 3 unit printer Qris pencetakan pembayaran pajak kepada UPPD…

3 jam ago

Bank Kalsel Salurkan Bantuan Masjid Muhammadiyah Sungai Mia Banjarmasin

Banjarmasin, infobanua.co.id – Kepedulian Bank Kalsel dalam membantu berbagai kegiatan sosial di Banua, baik itu…

3 jam ago

Pemkab Pessel Siapkan 221 Ton Beras Bagi Masyarakat Terdampak Banjir dan Longsor

Pesisir Selatan, infobanua.co.id – Berbagai upaya terus dilakukan Pemerintah Daerah Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat (Sumbar)…

4 jam ago

Bupati Pessel Berbuka Puasa Bersama Warga di Nagari Gurun Panjang

Pesisir Selatan, infobanua.co.id – Bupati Pesisir Selatan, Sumatera Barat (Sumbar) Rusma Yul Anwar lakukan kegiatan buka…

4 jam ago

Prestasi Gemilang, Bank Kalsel Raih Penghargaanpada Ajang 5 th Top Digital Corporate Brand Award2024

Banjarmasin, 28 Maret 2024 - Bank Kalsel kembali menorehkan prestasi. Kali ini, BankKalsel menerima penghargaan…

5 jam ago

Bank Kalsel Serahkan 3 Gerobak Baru Untuk UMKM, Dalam Semarak HUT ke-60

BANJARMASIN, 28 Maret 2024 – Dalam perayaan HUT Bank Kalsel ke-60 dengan tema SEMARAK (Selalu…

5 jam ago