Bupati Blitar Rijanto, Lantik Sekda, Sekalian Berpamitan

Suasana pelantikan Sekda Kabupaten Blitar.

Blitar, Infobanua.co.id – Bupati Blitar, Rijanto, melantik Plh Sekda Kabupaten Blitar, Mujianto menjadi Pj Sekda Kabupaten Blitar, sekalian berpamitan kepada seluruh jajaran yang hadir, di Pendopo Sasana Adhi Praja, jalan Kusuma Bangsa, Kanigoro, Kamis 11-02-2021.

Karena masa jabatan Bupati dan Wakil Bupati Blitar peride 2016 – 2021, akan berakhir menyusul dilantiknya pasangan Bupati dan Wakil Bupati Blitar baru Rini Syarifah – Rachmad Santoso pada Rabu 17 Pebruari 2021 mendatang.

Bupati Blitar, Rijanto berpesan kepada Pj Sekda Mujianto untuk membantu Kepala Daerah yang baru dalam menyusun kebijakan, dan melakukan koordinasi administrasi, termasuk mengisi kekosongan jabatan.

“Menyusun kabinet baru sesuai aturan serta mewujudkan visi dan misi Kepala Daerah yang baru,” kata Bupati Blitar, Rijanto.

Tampak hadur dalam pelantikan ini diantaranya, seluruh pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan Camat se-Kabupaten Blitar. Pelaksanaan acara dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat dan berlangsung lancar.

“Kami ucapkan selamat kepada Pak Mujianto, semoga bisa menjalankan tugas dengan amanah,” harap Rijanto.

Selanjutnya Rijanto menerangkan bahwa, Mujianto sebelumnya ditunjuk sebagai Pelaksana Harian (Plh) Sekda, karena Sekda definitif cuti sakit.

Dalam perjalanannya, sekda definitif Totok Subihandono meninggal. Pelantikan serta pengambilan sumpah janji Pj Sekda Mujianto dilakukan setelah mendapat ijin dari Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawangsa.

Ijin Gubernur Khofifah tertuang dalam Surat Keputusas Gubernur Jawa Timur Nomor: 821.2/696/204.4/2021 tanggal 28 Januari 2021.

Status Pj Sekda sama dengan sekda definitif, bedanya hanya sekda definitif akan berhenti ketika memasuki masa pensiun atau berhalangan tetap meninggal.

“Sedangkan Pj Sekda, masa tugasnya hanya tiga bulan atau sampai penentuan Sekda definitif,” tegas Rijanto.

Di sela acara ini, Rijanto juga memohon permintaan maaf, jika selama lima tahun memerintah Kabupaten Blitar, ada kesalahan.

Disamping itu Rijanto juga berpesan kepada para Aparatur Sipil Negara (ASN), agar di bawah koordinasi Pj Sekda baru, untuk selalu menjaga kekompakan, profesionalitas serta loyalitas.

Selanjutnya Rijanto berharap, agar Kabupaten Blitar ke depan, semakin lebih baik. Karena masih dalam situasi pandemi covid-19 dan PPKM. Juga tidak ingin ada acara pelepasan untuk dirinya.

“Kami harus menjaga jangan sampai terjadi penyebaran dan ikut prihatin bersama warga masyarakat,” pungkasnya.

Sementara Pj Sekda Mujianto, mengatakan bahwa, selama menjabat akan fokus pada penanganan pandemi covid-19. Apalagi saat ini tengah berlangsung PPKM skala Mikro. Selain itu juga dirinya menyiapkan pengisian jabatan kosong.

“Dalam waktu dekat kami mempersiapkan pelantikan Kepala Daerah terpilih pada Rabu 17 Pebruari 2021 mendatang,” paparnya.

Sebelumnya memang pada Kamis 11 Pebruari 2021, Pemkab Blitar berencana mengelar acara perpisahan atau pelepasan Bupati dan Wakil Bupati Blitar di salah satu Hotel di Kota Batu.

Rencana acara yang akan dilangsungkan secara diam diam itu mengundang seluruh pimpinan OPD dan Camat se-Kabupaten Blitar secara berdua dengan istri.

Tidak sedikit ASN yang merasa resah karena khawatir terjadi klaster baru covid-19. Sehingga acara tersebut akhirnya dibatalkan dengan alasan ada Surat Edaran dari Menpan RB, yang melarang ASN ke luar kota selama libur Tahun Baru Imlek 2572 atau Kamis 11 Pebruari sampai Minggu 14 Pebruari 2021. (Eko.B