Lima Tahun Kepemimpinan Paman Birin: Pembangunan di Kalsel Sudah Dirasakan Masyarakat

  • Whatsapp
KEBERSAMAAN- Gubernur Kalsel Sahbirin Noor akrab bersama masyarakat saat bedah rumah di Km 7 Kertak Hanyar Kabupaten Banjar tahun 2020 lalu

MASA tugas Gubernur Kalsel Sahbirin Noor dan Wakil Gubernur Rudy Resnawan resmi berakhir Jumat 12 Februari 2021. Tak terasa telah lima tahun keduanya bekerja, berkarya dan berinovasi dalam memimpin banua sejak dilantik Presiden Jokowi di Istana Negara pada 12 Februari 2016 silam.

Komitmen Sahbirin bersama Rudy Resnawan, adalah bekerja tuntas dan ikhlas untuk rakyat dengan jargon bergerak bersama menuju Kalsel yang Mandiri dan Terdepan (Mapan),  Lebih Sejahtera, Berkeadilan, Berkelanjutan, Berdikari dan Berdaya Saing.

Tentunya ada tantangan dan hambatan yang harus dilalui dalam upaya pembangunan selama lima tahun. Namun kepemimpinan Sahbirin Noor – Rudy memberikan dampak signifikan bagi kemajuan pembangunan di Kalsel.

Gaya kepemimpinan aktif Sahbirin Noor yang juga menjadi catatan khusus. Berbagai daerah pelosok Kalsel disambanginya baik secara tak resmi maupun melalui kegiatan turun ke desa (Turdes). Selain ajang silaturahmi dan juga menyerap aspirasi masyarakat khususnya di pedalaman yang selama ini tak pernah dikunjungi pejabat setingkat gubernur.

“Saya lebih suka turun ke bawah untuk menyelesaikan persoalan, karena masalah itu ada di lapangan dan untuk menyelesaikannya kita harus turun langsung,” kata pria yang akrab disapa Paman Birin itu usai dilantik tahun 2016 silam.

Blusukan ke berbagai daerah pelosok memberikan dampak signifikan terbukanya konektivitas daerah perkotaan dan pelosok desa. Dan semuanya berujung pada pemerataan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat.
Berdasar bank data media ini  Pada tahun 2020 telah dibangun 9 buah SMA/SMK baru di wilayah terpencil Kalsel.
Indikator kesejahteraan masyarakat petani, peternak, nelayan dan pekebun juga mengalami peningkatan signifikan. Nilai tukar usaha pertanian (NTUP) Kalsel mencapai diatas 100 persen pada akhir tahun 2020. Tingginya NTUP merupakan indikator kesejahteraan di sektor tanaman pangan dan hortikultura, perkebunan dan peternakan serta perikanan di Kalsel.
Capaian kinerja turut menuai penghargaan tingkat nasional baik kepada gubernur secara individu maupun perangkat daerah Pemprov Kalsel. Sebanyak 103 penghargaan diraih sejak tahun 2016 awal kepemimpinan Paman Birin – Rudy.

Terakhir anugerah Pena Emas tahun 2021 dari PWI Pusat kepada Sahbirin Noor atas dedikasinya terhadap kemajuan pers Kalsel maupun tingkat nasional.

Sahbirin Noor menekankan, kepada jajaran SKPD Pemprov Kalsel agar bersinergi dengan kabupaten kota dalam menyusun program pembangunan dengan memperhatikan prioritas pembangunan yang ingin diwujudkan.

“Susunlah rencana pembangunan yang memberikan dampak positif bagi peningkatan SDM, Peningkatan daya saing ekonomi, pencapaian tata kelola pemerintahan yang baik, hadirkanlah program dan kegiatan pembangunan yang berorientasi pada kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat,” pesannya saat Musrenbang 2020 lalu. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *