Vaksinasi Nakes Kabupaten Blitar Capai 85,2 % Karena Terkendala Selver

Jubir Satgas Penanganan covid-19 Kabupaten Blitar, Krisna Yekti.

Blitar, Infobanua.co.id –Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blitar melalui Dinas Kesehatan Kabupaten Blitar, menginformasikan jika vaksinasi covid-19 tahap kedua untuk Tenaga Kesehatan (Nakes) sudah dimulai.

Dimulainya vaksin tahap kedua ini setelah dipastikan vaksinasi dosis pertama untuk Nakes telah mencapai 85,2 porsen.

“Sekarang sudah dimulai pemberian vaksin dosis kedua kepada para Nakes. Untuk teknis pemberianya sama, di dosis kedua ini diberikan melalui masing-masing fasilitas pelayanan kesehatan. Sasaranya di Puskesmas dan Rumah Sakit,” kata Jubir Satgas Penanganan covid-19 Kabupaten Blitar, Krisna Yekti, kepada awak media melalui Hand Phone-nya, Jum’at 12-02-2021.

Menurut Krisna, bahwa data dari Dinas Kesehatan tercatat jumlah Nakes di Kabupaten Blitar yang mendapatkan vaksin baik untuk dosis pertama maupun dosis kedua berjumlah 2.854 orang Nakes. Sedangkan untuk Nakes yang tidak bisa divaksin terdapat 100 orang.

“Jadi tidak semua Nakes dapat disuntik vaksin. Hal ini karena ada Nakes yang diketahui komorbid atau memiliki penyakit penyerta, penyintas covid-19, ada juga yang hamil dan menyusui sehingga tidak dapat disuntik vaksin,” jlentrehnya.

Masih menurut Krisna, bahwa sampai saat ini Pemkab Blitar belum menemui kendala terkait pemberian vaksin.

Adapun satu-satunya kendala yang dihadapi adalah adanya gangguan server saat mengunggah data Nakes yang telah selesai mendapat vaksin. Sehingga capaian vaksinasi masih mencapai 85,2 porsen.

“Seluruh Nakes sebenarnya sudah kami daftarkan untuk mendapatkan vaksin. Nakes yang didaftarkan termasuk mereka yang bekerja di dokter praktek maupun klinik – klinik. Tetapi kalau pun belum mendapat jadual kemungkinan akan diikutkan pada tahap berikutnya,” pungkasnya. (Eko.B)