Drama Kolosal Pemberontakan PETA Blitar, Tahun Ini Ditiadakan

Monumen Potlot yang terletak di bagian tengah paling belakang, areal Taman Makam Pahlawan Raden Wijaya, Kota Blitar.

Blitar – Peringatan peristiwa pemberontakan Tentara Pembela Tanah Air (PETA) di Blitar yang setiap tanggal 14 Pebruari disetiap tahunnya diperingati dengan menampilkan Drama Kolosal di Komplek Monomen PETA jalan Sudancho Soeprijadi Kota Blirar, tahun ini tidak diadakan, akibat pandemi covid-19. Namun diganti dengan Upacara Peringatan Hari Cinta Tanah Air.

Walikota Blitar Santoso, mengatakan bahwa, dalam peringatan peristiwa pemberontakan PETA tahun ini, Pemkot Blitar tidak menggelar Drama Kolosal yang biasanya melibatakan ratusan peserta baik dari siswa SMP dan SMA se-Kota Blitar, namun pihaknya hanya menggelar upacara peringatan di Monumen Potlot yang terletak di bagian tengah paling belakang, areal Taman Makam Pahlawan Raden Wijaya, Kota Blitar.

“Monumen Potlot merupakan bukti dari sejarah perjuangan pemberontakan tentara PETA,” kata Walikota Blitar Santoso, kepada awak media, Sabtu 13-02-2021.

Menurut Santoso, upacara akan digelar secara sederhana, tentunya dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

“Selain itu, serangkaian acara lainnya juga diadakan, yakni seminar online,” jlentrehnya.

Selanjutnya Santoso menjelaskan bahwa, Minggu 14 Pebruari 2021, juga diperingati sebagai hari cinta tanah air.

“Walaupun tahun ini tidak ada gelaran Drama Kolosal, tidak mengurangi rasa cinta kepada para pahlawan,” pungkasnya. (Eko.N).