Kemenag Barsel Tunggu Keputusan Dari Pemerintah Arab Saudi Terkait Pelaksanaan Haji di Tahun 2021

  • Whatsapp

Buntok, infobanua.co.id – Kementrian Agama (Kemenag) Kabupaten Barito Selatan (Barsel), Kalimantan Tengah (Kalteng), masih menunggu keputusan dari Pemerintah Arab Saudi tentang pelaksanaan keberangkatan haji di Tahun 2021 ini.

Hal ini dikatakan oleh Kepala Kemenag Barsel Drs. H. Tuaini, M. Ag melalui Kepala Seksi (Kasi) Penyelenggaran Haji dan Umbroh (PHU) Zaidin, S. Ag kepada wartawan di kantornya, pada Kamis (11/2/2021).

Zaidin mengatakan, pihaknya sudah menyiapkan tiga opsi. Opsi pertama, apabila kondisi covid-19 ini mulai normal atau sudah normal seperti biasanya maka akan diberangkatkan sesuai kouta penuh, yang kedua, apabila kondisi covid ini masih belum normal dan dimungkingkan oleh Pemerintah Arab Saudi untuk diberangkatkan maka pihaknya akan memberangkatkan jamaah haji dengan menerapkan Protokol Kesehatan (Prokes) atau bisa dikatakan pihaknya akan memberangkatkan setengahnya dari jamaah haji yang sudah mendaftarkan diri di Tahun lalu.

“Yang ketiga, apabila kondisi covid ini sama seperti Tahun lalu maka kami tidak akan memberangkatkan jamaah haji sama sekali,” ucapnya.

Lanjutnya, selama ini memang mulai dari Pusat sampai kepada tingkat Provinsa dan Kabupaten sudah mempersiapkan segala sesuatunya terkait persiapan keberangkatan haji untuk Tahun 2021 ini. Akan tetapi selama ini pihaknya untuk di tingkat Kabupaten belum bisa menyampaikan kepada masyarakat khusuanya kepada calon jamaah haji yang sudah terdaftar.

“Karena kita tidak mungkin mendahului kehendak yang di Atas, jadi Kepala Kemenag Pusat yang baru sekarang inipun tidak berani memutuskan berangkat apa tidak, sebelum ada keputusan dari Pemerintah Arab Saudi,” katanya

Masih dikatakan Zaidin, sampai dengan hari ini yang sudah melunasi untuk keberangkatan di Tahun 2020 lalu berjumlah 131 jamaah. Meskipun ada satu calon jamaah haji yang meninggal Dunia, tetapi ada kebijakan dari Kemenag Pusat, bahwa itu bisa dilimpahkan ke ahli warisnya atau kepada keluarga yang bersedia berangkat nantinya.

“Karena ini diluar nalar kita sebagai manusia bahwa ini adalah musibah atau cobaan dari ALLAH SWT, saya menghimbau kepada seluruh jamaah haji di Indonesia khususnya jamaah dari Kabupaten Barsel, harap bersabar dan banyak-banyak berdo’a, agar pendemi covid ini cepat segera hilang dan kita bisa hidup normal seperti biasanya lagi,” ungkapnya

“Kalau pelaksanaan haji di Tahun 2021 ini bisa memungkingkan maka kita bisa memberangkatkan jamaah haji di Tahun ini,” tutup Zaidin.

Ali/IB

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *