Kutim Mulai Penyuntikan Vaksin COVID-19 Tahap Dua

  • Whatsapp
Kadinkes dr Bahrani disuntik vaksin Sinovac tahap dua. (ist)

SANGATTA – Pemkab Kutim kembali melanjutkan progran penyuntikan vaksin Sinovac, Senin (15/2/2021). Kali ini merupakan program tahap dua. Penyuntikan berlangsung selama dua hari, yaitu 15-16 Februari 2021 di Puskesmas Sangatta Utara. Sebelumnya untuk kegiatan vaksinasi ini Kutim telah menerima vaksin Sinovac 6.160 dosis. Diberikan kepada 3.080 orang yakni 10 tokoh dan sisanya 3.070 nakes.

Kadinkes Bahrani saat dikonfirmasi awak media, usai menerima penyuntikan vaksin kedua menjelaskan, penyuntikan tahap dua seharusnya dilaksanakan dihari ke-14 atau Sabtu lalu. Namun karena penerapan Kaltim Steril, jadi vaksinasi baru terlaksana di hari ke-16.

“Tapi tidak apa-apa yang penting bukan sebelum 14 hari. Karena Sabtu-Minggu kemarinkan Kaltim Steril. Jadi tidak ada kegiatan, makanya diganti hari Senin,” kata Bahrani.

Bahrani menerangkan penyuntikan pertama telah dilaksanakan 16 hari yang lalu di Kutim. Kepada tenaga kesehatan dan tokoh masyarakat. Semua yang telah divaksin perdana, pada Sabtu (30/1/2021), harus disuntik kembali paling lambat Selasa (16/2/2021). Sesuai dengan prosedur vaksinasi.  Ditambahkan olehnya, ada 33 faskes per RT, 21 Puskesmas di Kutim dan 2 rumah sakit, yakni RS Kudungga Sangatta dan RS Pratama Sangkulirang yang menerima distribusi vaksin. Selain itu faskes swasta juga telah menerima vaksin Sinovac.

Terakhir, ia berharap penyuntikan kedua ini semakin meningkatkan imun dalam tubuhnya dan penerima vaksin lainnya. Sehingga tidak mudah terpapar COVID-19. Setelah program awal ini, dia berharap warga Kutim bisa menerima program vaksinasi secara menyeluruh. Hingga pada akhirnya seluruh warga Kutim memiliki kekebalan tubuh untuk menangkal virua Corona. (hms7/hms3)

Sumber:  pro.kutaitimurkab.go.id 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *