Melek Teknologi Untuk Meningkatkan Ekonomi Pelaku UMKM

  • Whatsapp

Banjarbaru, infobanua.co.id – Salah satu pendorong ekonomi di Indonesia adalah aplikasi teknologi, namun sayangnya hal ini tidak dibarengi dengan kemampuan penguasaan teknologi tersebut bagi pewira usaha kecil. Berangkat dari hal tersebut, Balai Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Penelitian (BPSDMP) Kominfo Banjarmasin, yang berada di bawah Badan Litbang SDM Kementerian Kominfo bekerja sama dengan Dinas Koperasi UKM dan Tenaga Kerja Kota Banjarbaru dan Gojek Indonesia berkolaborasi memberikan pelatihan bagi pewira usaha kecil, khususnya usaha kuliner melalui kegiatan Thematic Academy, Rabu (17/2/2021).

Dalam sambutannya melalui virtual, Kepala Badan Litbang SDM Kominfo menjelaskan, Kominfo menargetkan 600 ribu talenta digital yang harus dilatih karena itu saya mengucapkan terima kasih dengan Gojek dan BPSDMP Kominfo Banjarmasin, saya harap kedepannya bisa ditingkatkan melalui sarana online”.

Pembukaan kegiatan pelatihan UMKM ini juga sekaligus penandatanganan Perjanjian Kerja Sama antara BPSDMP Kominfo Banjarmasin dengan Gojek Indonesia yang dihadiri oleh Kepala Dinas Koperasi UKM dan Tenaga Kerja Kota Banjarbaru, Ir. Muhammad Rustam , Kepala BPSDMP Kominfo Banjarmasin, Abdul Rahman Harahap , Branch Manager Gojek Indonesia Banjarmasin sekaligus pengajar pelatihan Hendri Dwi Selamet serta dihadiri secara virtual oleh Head Regional Corp Affair Gojek Indonesia bagian Timur, Mulawarman dan Kabadan Litbang SDM Kementerian Kominfo, Hary Budiarto.

 

Dalam sambutannya secara virtual, Head Regional Corp Affair Gojek Indonesia bagian Timur, Mulawarman mengatakan, UMKM adalah DNA Gojek, dan di periode yang penuh dengan tantangan ini, kami terus berupaya mengembangkan solusi yang lengkap, inklusif, dan mudah  diterapkan yang membantu UMKM mempertahankan bisnis sekaligus mengembangkan skala usahanya.

 

Kepala BPSDMP Kominfo Banjarmasin , Abdul Rahman Harahap mengatakan melalui inisiatif yang dilakukan Gojek Banjarmasin dengan program #MelajuBersamaGojek, dirinya berharap digitalisasi UMKM memberikan banyak solusi-solusi komprehensif bagi kemajuan UMKM khususnya di Wilayah kerja BPSDMP Kominfo Banjarmasin, yaitu Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, dan Kalimantan Timur,kedepannya.

 

“Saya mengajak pelaku UMKM yang belum bergabung secara online dapat memanfaatkan berbagai keunggulan teknologi platform digital seperti Gojek dan platform lainnya, dengan optimisme perekonomian bisa tumbuh. Untuk yang sudah berada di dalam sistem online untuk terus melaju, tidak lupa disertai peningkatan kualitas produk/ jasa layanan, dan kapasitas produksi yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat sehingga skala usaha dapat terus meningkat,” tambah Abdul Rahman.

Dalam paparan materinya, Branch Manager Gojek Indonesia Banjarmasin, Hendri Dwi Selamet mengatakan “Lebih dari 500 ribu pewira usaha , 96% nya dari UMKM diantaranya telah tumbuh dan #melajubersamaGojek. Ekosistem bersama Gojek bertahan di masa pandemi. Hal ini juga didukung untuk mempercepat pertumbuhan usaha yang membuat UMKM-UMKM kecil”

Saat ini penggunaan aplikasi teknologi finansial menjadi satu solusi pembayaran praktis  bagi konsumen dengan bantuan QRIS yang  diluncurkan Bank Indonesia & Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia (ASPI) . Dari adanya QRIS ini bisa digunakan oleh berbagai aplikasi Fintech , salah satunya Gopay dari aplikasi Gojek Indonesia dengan cara mudah hanya dengan scan barcode yang tertera di merchant penyedia.

Kepraktisan penggunaan aplikasi teknologi finansial ini ternyata belum sejalan dengan tingkat pengetahuan pengguna aplikasi  bagi merchant khususnya pewira usaha kecil. Masih banyak pengusaha UMKM kuliner merasakan kesulitan untuk mendaftarkan merchant nya di aplikasi Gojek agar bisa ikut meningkatkan penjualan produknya. Lebih dari 200 pendaftar kegiatan Pelatihan “Meningkatkan Penjualan Melalui Media Digital” ,terjaring 40 peserta yang dibagi dalam 2 gelombang. Salah satu peserta pelatihan, Fransisca Retno dari Gudeg Bu Retno mengucapkan “pelatihannya bagus , harus bikin spanduk dirumah bahwa tersedia aplikasi Gojek , saya kira perlu waktu lama saat mendaftar, dan tadi sudah download aplikasinya , nanti akan dimentori lewat aplikasi telegram. Pelatihan ini sangat membantu soalnya saat ini mencari² infonya, katanya harus datang ke banjarmasin , ternyata bisa daftar online jadi tidak perlu ke banjarmasin”

Kegiatan pelatihan yang diadakan pada 16-17 Februari 2021 di Aula Diskop UKM dan Tenaga Kerja diselenggarakan 2 gelombang yang masing-masing dihadiri oleh 20 peserta dengan latar belakang UMKM sekitar kota Banjarbaru dengan tetap mematuhi protokol kesehatan yang berlaku.

Pelatihan ini juga untuk meningkatkan kemampuan penggunaan teknologi bagi UMKM di wilayah Banjarbaru, agar dapat terus meningkatkan penjualan sebagai penggerak ekonomi. Selain itu, Gojek Indonesia menerangkan pentingnya mengemas produk dengan baik dan menarik sesuai dengan segmentasi pasar yang disasar oleh pelaku usaha kuliner.

Badan Litbang SDM Kementerian Kominfo di tahun 2021 ini menargetkan 600.000 talenta digital. Adapun talenta digital tersebut tidak hanya Thematic Academy (TA) yang dilaksanakan saat ini yang menyasar para UMKM, namun juga termasuk talenta digital lulusan SMK TIK, lulusan S1, para ASN, UMKM, Ibu Rumah Tangga, disabilitas, dan anak sekolah. Talenta digital tersebut dilatih melalui berbagai tema pelatihan dan sertifikasi sesuai dengan jenjang kebutuhannya baik melalui Digital Entrepreneurship Academy (DEA), Beasiswa Digitalent melalui kegiatan: Vocational School Graduate Academy (VSGA) dan Fresh Graduate Academy (FGA), Beasiswa Dalam dan Luar Negeri bagi S2 dan S3, Regional Development Academy (RDA) bagi ASN Pemerintah Daerah, Profesional Academy (ProA) yang dikhususkan untuk para ASN, freelance, dan pewirausaha yang akan dilaksanakan oleh Balitbang SDM Kominfo pada tahun 2021. Untuk informasi kegiatan pelatihan, Bimtek dan sertifikasi wilayah Kalsel, Kalteng dan Kaltim bisa dengan mengikuti Instagram BPSDMP Kominfo Banjarmasin yang informasinya diperbaharui secara berkala.

Mimi/IB

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *