Brigjen Pol Syahardiantono Jadi Wakabareskrim, AMAN: Sosok Berpengalaman Diperlukan di Tengah Pandemi

JAKARTA, infobanua.co.id – Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menunjuk Brigjen Pol Syahardiantono sebagai Wakabareskrim melalui surat telegram rahasia (STR) bernomor ST/318/II/2021 tertanggal 18 Februari 2021.

Brigjen Pol Syahardiantono sebelumnya menjabat sebagai Direktur Tindak Pidana Tertentu (Dirtipidter) Bareskrim Polri.

Syahar merupakan lulusan Akpol 1991 dan sosok berpengalaman dalam bidang reserse.

Selain itu, ia juga pernah mengemban sejumlah jabatan strategis mulai dari Kabagpenum Divhumas Polri (2018), Karo PID Divhumas Polri (2019), dan Dirtipidter Bareskrim Polri (2020).

Koordinator pusat Aliansi Mahasiswa dan Aktivis Nasional (AMAN) Ginka Febriyanti menilai sosok Wakabareskrim berpengalaman sangat baik ditunjuk di tengah tantangan pandemi Covid-19.

“Ada berbagai tantangan yang dihadapi di tengah pandemi sehingga sosok berpengalaman memang diperlukan di masa Covid-19 ini,” ujar Ginka kepada wartawan, Kamis, 18 Februari 2021.

Menurut Ginka, Brigjen Pol Syahardiantono akan melengkapi unsur kepemimpinan di Bareskrim bersama Kabareskrim Komjen Pol Agus Andrianto.

“Keduanya kalau kita lihat kan sosok-sosok berpengalaman. Tapi ya itu tadi, pengalaman ini kita perlukan sehingga harapan kami masyarakat bisa semakin aman dan nyaman,” ujarnya.

Secara keseluruhan AMAN berharap penunjukan Kabareskrim dan Wakabareskrim dapat memaksimalkan tugas dan peran dalam membantu Kapolri.

“Ya, kita tahu hal-hal seperti penyelidikan dan penyidikan tindak pidana, pengawasan dan pengendalian penyidikan, penyelenggaraan identifikasi, laboratorium forensik, penegakan hukum dan lain-lainnya. Semoga kualitasnya lebih baik lagi,” ujarnya. (HS)