Dindik Kota Blitar Sediakan PPDB Jalur Afirmasi Bagi Anak Nakes dan Orang Tua Meninggal Akibat Corona

  • Whatsapp
Plt Kepala Dinas Pendidikan Kota Blitar, Priyo Suhartono.

Blitar, Infobanua.co.id – Pemerintah Kota (Pemkot) Blitar dalam hal ini Dinas Pendidikan (Dindik) Kota Blitar, telah menyediakan kuota Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) dijalur jenjang pendidikan Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) pada jalur afirmasi sebesar 03 porsen, bagi anak Tenaga Kesehatan (Nakes) dan orang tua yang meninggal karena positif covid-19.

Plt Kepala Dinas Pendidikan Kota Blitar, Priyo Suhartono, mengatakan bahwa, kuota PPDB jalur afirmasi untuk keluarga Nakes yang bertugas menangani covid-19 dan orang tuanya yang meninggal karena covid-19, mendapat bagian 03 porsen dari jumlah kuota jalur afirmasi 15 porsen.

“Hal ini dilakukan, selain sebagai bentuk apresiasi juga PPDB tahun ini disesuaikan dengan kondisi pandemi covid-19,” kata Plt Kepala Dinas Pendidikan Kota Blitar, Priyo Suhartono, kepada awak media, Kamis 18-02-2021.

Menurut Priyo, sedang sisanya yang 12 porsen lagi diperuntukan bagi keluarga kurang mampu.

Jalur afirmasi bagi keluarga kurang mampu, bisa dimanfaatkan bagi yang ada di dalam Zonasi maupun di luar Zonasi.

Dinana yang bersangkutan harus menyertakan tanda bukti keikutsertaannya dalam program penanganan keluarga tidak mampu dari Pemerintah Pusat atau Pemerintah Daerah.

“Sementara untuk calon peserta didik yang orang tuanya berstatus Nakes, dapat menyertakan surat keterangan dari instansi induk, seperti Rumah sakit tempat bekerja, atau jika relawan bisa dari Satgas covid-19,” jlentrehnya.

Masih menurut Priyo, bahwa bagi mereka yang orangtuanya meninggal karena covid-19, bisa menyertakan surat keterangan meninggal karena covid-19 yang dikeluarkan dari pihak Rumah Sakit atau Puskesmas.

“Selain jalur afirmasi, ada tiga jalur lain diantaranya jalur prestasi 30 porsen, jalur Pindah Tugas Orangtua (PTU) 05 porsen dan jalur Zonasi sebesar 50 porsen,” ungkap Priyo.

Selanjutnya Priyo menerangkan bahwa, sekarang sedang berlangsung PPDB jalur prestasi yang dimulai sejak Rabu 10 Pebruari sampai dengan Jum’at 19 Pebruari 2021 besuk.

“Saat ini masih berlangsung PPDB jalur prestasi yang dimulai sejak Rabu 10 Pebruari sampai dengan Jum’at 19 Pebruari 2021 besuk,” pungkasnya. (Eko.B) 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *