Tangkal Corona Kluster PKL, SMKN 02 Kota Blitar Tunda Laksanakan PKL

  • Whatsapp
Kepala SMK Negeri 02 Kota Blitar, Joko Marsono (tengah).

Blitar, Infobanua.co.id – Akibat masih dalam pandemi Corona Virus Disease-2019 atau covid-19, Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 02, jalan Tanjung, Kota Blitar, menunda melaksanaan Pelatihan Kerja Lapangan (PKL).

Kepala SMK Negeri 02 Kota Blitar, Joko Marsono, mengatakan bahwa, pelaksanaan Pelatihan Kerja Lapangan (PKL) di sekolahnya terpaksa ditunda akibat masih dalam pandemi covid-19.

“Pelaksanaan PKL tahap pertama selama tiga bulan semestinya sudah harus dimulai pada bulan Pebruari sampai dengan bulan Mei 2021,” kata Kepala SMK Negeri 02 Kota Blitar, Joko Marsono, kepada awak media Kamis 18-02-2021.

Menurut Joko, bahwa penundaan PKL ini dilakukan hingga akhir semester ini, namun apabila kondisi pandemi belum berakhir, sesuai dengan Permendikbud nomer 50 tahun 2020 maka pelaksanaan PKL untuk kelas 11 atau Kelas 2 SMK, akan diganti dengan pembelajaran kewirausahaan atau pembelajaran berbasis proyek yang akan digelar di sekolah.

“Sebenarnya PKL dapat dilaksanakan dengan sistem daring, namun apabila menggunakan sistem daring dikhawatirkan memberatkan siswa, karena harus mengeluarkan uang,” jlentrehnya.

Selanjutnya Joko menjelaskan bahwa, berbeda dengan Sekolah Teknik, jurusan yang ada di sekolah SMK Negeri 02, diharuskan bertemu dengan banyak orang seperti di Perkantoran ataupun Hotel.

Sehingga apabila nekad mengirimkan siswa ke instansi, pihaknya khawatir akan menjadi kluster baru di lingkup pelaksanaan PKL.

“Para siswa juga sudah memahami akan kondisi ini dan tidak ada yang mengeluh,” pungkasnya. (Eko.B) 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *