Dewan Adat Dayak Kotim Dukung Pengusaha dan Petani Mengelola Rotan

  • Whatsapp

Sampit,Infobanua.co.id – Ketua harian Dewan Adat Dayak (DAD) Kotim, Untung melalui pengurus Ketua VII Dias Matongka mendukung pengusaha rotan di Kotim yang meminta pendampingan dalam pengurusan izin industri rotan yang mereka kelola.

Sebelumnya pendampingan ini disampaikan para pengusaha rotan kepada beberapa LSM yang ada di Kotim, terkait gudang yang mereka miliki ada sebagian memiliki izin dan ada juga belum mengantongi izin.

Menurut Dias Matongka kepada Infobanua di Sampit saat dibincangi, dukungan ini mempunyai alasan di antaranya masyarakat dayak yang berada di Kotim, khususnya di pedalaman mayoritas pekerjaan bertani rotan dan berkebun karet.
Sementara hasil bertani rotan dan kebun karet masyarakat dayak, yang tidak dipungkiri lagi harga sering dipermainkan oleh para tangkulak.

Hal inilah jelas Dias tidak adanya pengusaha yang secara rutin membeli hasil para petani rotan dan karet.
Untuk itu ungkap Dias pengusaha rotan dan karet yang berada di Kotim, meminta pendampingan kepada DAD Kotim,LSM di Kotim termasuk juga kepada para awak media bisa membantu terkait pengurusan izin mereka agar dalam berusaha dilindungi ataupun dipayungi badan hukum.

“Pengusaha rotan dan karet ini pada intinya dalam berusaha merasa aman dilindungi hukum, makanya mereka mau mengurus izin ini.” Terang Dias kepada infobanua Sampit, Jum,at (19-02-2021).

Selain itu juga terang Dias tentunya pemerintah daerah dalam pengurusan izin ini, akan mendapatkan PAD dalam segi hasil rotan dan karet dari pengusaha. Dias sangat berharap pengurusan izin agar bisa diberikan kemudahan, sebab ini melibatkan penghasilan masyarakat perekonomian kelas menengah kebawah.

“Saya berharap dan meminta kepada pemerintah daerah, bisa membantu dalam pengurusan izin pengusaha rotan dan karet agar petani kita juga merasa aman dalam bekerja.”Harap Dias di dampingi wakil ketua umum Laskar Nusantara, Budi Hariyanto kepada pemerintah daerah.
Penulis : Zainal

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *